Jumat, 11 Mei 2012

Upgrade Xperia ke Ice Cream Sandwich (Android 4.0)

Kabar gembira bagi pemilik Xperia Ray, Neo V, dan Arc S karena update Android versi 4.0 (official - final version) sudah bisa dicicipi melalui Sonymobile mulai bulan Mei ini. Sedangkan update untuk Xperia jenis lain akan segera diberikan pihak Sony sekitar bulan Juni atau Juli tahun 2012 ini (update bulan Oktober 2012 --> Xperia lain yang rilis tahun 2011 juga sudah bisa upgrade ke ICS). Upgrade ini telah tersedia di negara Indonesia sehingga dukungan software telah disesuaikan dengan Bahasa Indonesia dan beberapa bahasa daerah (Jawa, Sunda, dan Melayu).
Untuk melakukan upgrade bisa langsung datang ke Sony Center (bukan lagi Sony Ericsson Center). Jika tak sempat ke sana, kita juga bisa melakukan upgrade melalui komputer dengan koneksi internet. Caranya sangat mudah, kita tinggal mencolokkan handphone ke komputer yang telah diinstali PC Companion (semacam PC Suite untuk handphone Sony). Untuk mendownload PC Companion terbaru, bisa didapat di http://www.sonymobile.com/global-en/software/phones/. Setelah proses penginstalan selesai, segera hubungkan perangkat handphone-Android ke komputer. Setelah beberapa saat, maka akan muncul notifikasi pemberitahuan bahwa ada update software terbaru bagi handphone kita. Jika belum muncul, maka klik Tab SUPPORT ZONE.
Notifikasi saat ada upgrade software terbaru
Setelah muncul notifikasi, klik UPDATE lalu ikuti saja langkah/petunjuk yang diberikan. Beberapa petunjuk adalah sebagai berikut:
1. Tunggu komputer untuk mempersiapkan proses upgrade (melakukan backup secara otomatis). Kita tidak perlu melakukan apa-apa.
2. Lakukan proses upgrade. Untuk memasuki tahap ini, lakukan langkah berikut:
- Lepaskan handphone dari kabel data
- Matikan handphone, tunggu selama kurang lebih 5 detik (jangan nyalakan handphone)
- Colokkan kembali handphone ke kabel data. Penting --> Tekan VOLUME DOWN dan jangan dilepaskan, barulah kita hubungkan handphone ke kabel data. Setelah perangkat terhubung, lepaskan tombol VOLUME DOWN. Maka di komputer akan muncul status instal new hardware (berupa modus upgrade).
3. Komputer akan mendownload file yang dibutuhkan untuk proses upgrade secara otomatis. Kita tidak perlu melakukan apa-apa.
4. Proses upgrade berlangsung.  Kita tidak perlu melakukan apa-apa.
5. Proses upgrade selesai, kita bisa melepaskan handphone dari komputer. Handphone akan secara otomatis melakukan proses re-start untuk memulai OS baru, yakni Android 4.0.3 Ice Cream Sandwich.

Selamat, handphone Anda sekarang telah menggunakan Android versi baru.

Ada sebuah kekurangan yang menurut saya sangat perlu diperbaiki untuk update berikutnya, yakni kecepatan membuka apps contact. Saat membuka kontak, maka akan ada lag selama lebih dari 1 detik. Sangat mengganggu terutama bagi yang sering membuka kontak untuk menelepon atau mengirim sms, terlebih lagi jika berada di kondisi terburu-buru.

*  *  *  *  *  *  *  *  *
Untuk mendownload PC Companion secara spesifik dari tiga handphone yang telah mendapat jatah Android 4.0 Ice Cream Sandwich, klik link berikut ini:
Description: Upgrade Xperia ke Ice Cream Sandwich (Android 4.0) Rating: 4.5 Reviewer: Faril Lukman ItemReviewed: Upgrade Xperia ke Ice Cream Sandwich (Android 4.0)


.:: Artikel menarik lainnya ::.

103 komentar :

Ladida telah menulis...

pengennya pake xperia, tapi apa daya mgkin belum waktunya, wekekee :D

makasih infonya mas :)

Faril Lukman telah menulis...

Smoga segera bisa beli Xperia ya...

Apri telah menulis...

yang buat xperia X10 mini belum ada ya? hahahaaa#ngarep banget jadi ice cream sandwich -_-"

Faril Lukman telah menulis...

Sepertinya proyek ICS untuk Sony jni masih tahap percobaan dan belum benar2 stabil. ICS untuk Xperia Ray juga belum fix benar, masih ada kekurangan di fitur kontak kamera,dll. Saat menbuka fitur kontak akan terasa ada lag sekitar 1 detik...

arcS4.0 telah menulis...

kak , kalo pas lagi proses upgradenya tibatiba mati listrik/koneksi putus gimana ? bisa ganggu sistem ngak tuh ?

Gobes Vash telah menulis...

mas mau tanya kenapa ya klo update status di facebook applikasi gak bsa  mucul tulisan " sayangnya, facebook telah berhenti"  kenapa kyk gitu ya mas mohon bantuannya sy sudah upgrade ICS 4.0.3 ,  sony ericsson xperia ray
kadang  klo di factory reset data bsa bwt status masa mau update status harus reset hp bkn hnya repot , semua game applikasi2 yg saya download terhapus semua sekali lgi mohon bantuannya

Faril Lukman telah menulis...

Enggak kog. Kan sewaktu proses upgrade, hp kita otomatis membuat backup terlebih dahulu. Jadi, meski terjadi kegagalan upgrading, software hp tidak akan mengalami kerusakan..
Saya pernah mencoba upgrade pas baterei habis. Proses upgrade gagal, tapi hp tidak terjadi masalah (perlu di charge ulang terlebih dahulu karena daya baterei benar-benar habis).

Faril Lukman telah menulis...

Re instal saja aplikasi facebook nya.. Mungkin terjadi kerusakan pada apps tersebut. Atau mungkin memori internal sudah habis, bersihkan cache dan history secara berkala agar kinerja hp tetap optimal..

angga telah menulis...

a.j
say : saya malah tweatcaster no connect to facebook. nah ada lagi nie, malah terkadang hang ,, dan lama bgeet kembalinya. mksi :)

Faril Lukman telah menulis...

hp-mu apa? Ray juga.. Sepertinya emang ICS untuk Ray masih banyak bug, punya saya mengalami lag setiap membuka phone dan contact..
Untuk Xperia S malah ada yang nggak bisa konek ke internet..
Sedangkan ICS untuk Xperia Mini Pro sepertinya sudah bagus, punya teman saya tidak mengalami kendala apapun sampai saat ini (2 minggu pemakaian)..

Anonim telah menulis...

Saya masih ragu ni mau upgrade neo v saya, takut lag seperti kasus2 yg lain,

Arie_arshavin telah menulis...

mau nanya neh koq pc companion gak bisa connect yak

Yusuf 1907 telah menulis...

ada spek minimum PC ga untuk melakukan upgrade tsb?

Faril Lukman telah menulis...

Mungkin koneksi internet nya sedang down jadi PC Companion nggak kuat nyambung ke server Sony. Terkadang saat koneksi internetku sedang jelek juga begitu, nggak bisa ngecek update..

Faril Lukman telah menulis...

Enggak terlalu muluk2 sih spek komputernya..Pake kompi standar juga bisa.. Yang penting koneksi internetnya lancar aja..

Nanda telah menulis...

waktu pada step yang melepas kabel data itu kemudian setelah saya matikan HP saya restart terus mas, saya coba ke step selanjutnya g bisa, yaitu waktu memasang kabel data dengan menekan tombol volum down,,, itu gimana cara nyelesein masalah ini? sampek sekarang hp saya masih restart sendiri terus,,, cuma bisa nyala sampai tulisan sony ericsson, lalu restart lagi. mohon bimbinanya mas,,,

Faril Lukman telah menulis...

Waduh, kalau sudah seperti itu lebih baik dibawa ke Sony Gallery saja untuk perbaikan software. Jika masih garansi, pasti tidak dipungut biaya untuk perbaikannya. Smoga berhasil..

Unknown telah menulis...

Pada waktu step tekan tombol bawah dan masukan kabel data tidak yerjadi ap2 mas.tidak ada step berikutnya.knpa ya mas

Unknown telah menulis...

Pada waktu step tekan tombol bawah dan masukan kabel data tidak yerjadi ap2 mas.tidak ada step berikutnya.knpa ya mas

Letjins999 telah menulis...

bingung saya

Zmochanwar telah menulis...

masih bingung mau update nih... 
pada proses kedua setelah hp di matkan apa di hidupin lagi ketika mau di sambungkan ke pc, atau gimana??
mohon pencerahanya..

Faril Lukman telah menulis...

Nggak perlu dihidupkan terlebih dahulu.. Tekan & tahan tombol VOLUME DOWN saja, lalu colokkan hp ke komputer melalui kabel data.. Setelah disambungkan, lepaskan tombol VOLUME DOWN, maka hp akan otomatis menyala sendiri..

Faril Lukman telah menulis...

Kalau masih bingung, update OS melalui Sony Gallery saja lebih muda..

muhammad telah menulis...

numpang tanya gan,, saya pke xperia ray jga tpi  dari luar negri trus kan di unlock byar bisa dipake di indo,, nah pertanyaan saya klo di update ICS bagaimana bengan unlock hp saya?? apa kehapus ato enggak gan?? makasih. :-)

Jhoni Surahman telah menulis...

Xperia U gmna mas ???

question telah menulis...

klo pas upgrade inet mati benar" tidak kenapa" itu? jd kembali seperti sebelum di upgrade kah?

Ajat4444 telah menulis...

mau tanya mas, xperia mini saya ga bisa update pas step 3. sudah coba berkali-kali tp ttp serupa. sekedar info, thp pertama start, ke-2  prepare, nah terus kan ngedownload tuh, pas downloadnya selesai, ada pemberitahuan step by step ttg langkah berikutnya persis seperti yang mas sebutkan di no.2 pd artikel diatas, tapi ternyata hpnya selalu mati duluan sebelum sy lepas kabel datanya..
mohon bantuannya ..

Coko TheExplorer telah menulis...

kalo ICS untuk xperia mini bisa gk mas ?

Faril Lukman telah menulis...

Upgrade ICS untuk Mini sudah ada sejak bulan Agustus. Bisa melalui Sony Gallery..

Faril Lukman telah menulis...

Mungkin karena koneksi gagal di tengah jalan sehingga tidak bisa melakukan proses upgrade.
Daripada susah, lebih baik bawa saja ke Sony Gallery saja.

Faril Lukman telah menulis...

Iya, nggak papa. Saya pernah upgrade, koneksi lambat banget, sampe hp mati kehabisan baterei sehingga proses upgrade gagal. Tapi hp balik lagi kog..

Faril Lukman telah menulis...

Kalau upgrade via Sony PC Companion, semua setting hp tidak akan hilang. Tapi jika upgrade via Sony Gallery, semua setting di hp akan hilang.

Hana telah menulis...

mas, mau tanya:
apa ada pengaruhnya ICS digabung dengan penggunaan GO Launcher? soalnya pnya sy stlah pake ICS jadi lemot luar biasa, tapi anehnya kl GO Launcher di uninstall mahal ga apapa.. mohon penjelasannya ya... oiya sekedar info, sy menggunakan xperia mini pro

Faril Lukman telah menulis...

ICS membutuhkan RAM yang lebih besar dibanding GB. Sedangkan Xperia Mini Pro memiliki RAM yang tidak terlalu besar sehingga akan terasa berat menggunakan ICS. Terlebih lagi jika menggunakan Go Launcher yang memerlukan RAM lebih dari 30mb tentu akan semakin membebani kinerja hp.
Untuk solusinya, kamu bisa mencoba Link2SD (perlu root) untuk men-disable beberapa apps yang dirasa tak perlu sehingga tidak berjalan di background sehingga RAM memliki sisa lebih banyak.

Robbyharyadi telah menulis...

Mas itu kan lagi proses gapapa di cabut USB nya ??
trus abis dimatiin HP nya ga usah dinyalain lagi ??

Faril Lukman telah menulis...

Iya nggak papa. Emang prosedurnya kayak gitu kog, jalanin aja sesuai prosedur. Coba aja kamu mulai proses upgrade, ntar kan ada keterangan prosedur yang mesti dilakukan, dalam bahasa Inggris tentunya.

Anonim telah menulis...

upgrade Untuk xperia u bisa ga mas?

Faril Lukman telah menulis...

Bisa. Semua Xperia telah tersedia upgrade dari SonyMobile. Jika belum adapun, kita bisa menggunakan upgrade non-official.

Judy_mody telah menulis...

PCnya mesti connect ke internet ngga pas upgrade ?

Faril Lukman telah menulis...

Pasti butuh koneksi internet dong, kan harus mendownload data dari server Sony untuk melakukan upgrade..

Anonim telah menulis...

Kalo udah diupgrade ke ics bs downgrade ke gb lg gak ya? Hp sy xp mini pro.

Faril Lukman telah menulis...

Sebenarnya jika sudah diupgrade ke ICS, kita tidak bisa melakukan downgrade ke GB karena pihak Sony tidak memberikan layanan downgrade. Tapi jika ingin downgrade ke GB, bisa saja kita akali. Yakni hp di root, lalu flash menggunakan OS GB.. Saya sudah pernah mencobanya dan berhasil dengan baik.z

Riyan Anggitio telah menulis...

mas..gue mau nanya ni...tentang upgrade xperia mini pro...saya udah berkali2 upgrede ya...tp gagal trus pas mematikan hp lalu teken voleme  down...mohon bantuan ya mas...

Nina telah menulis...

saya gak ngerti deh gimana caranya:| gimana ya.... bingung step 2. tulisan install new hardware nya gak ada:| hmm. bantu dong... hp saya sony xperia mini pro.

Faril Lukman telah menulis...

Sudah sesuai tutorial yang saya jelaskan?

Faril Lukman telah menulis...

setelah dilepas dari USB, matikan hp.. lalu tekan tombol volume down dan tahan terus.. Sambil masih menahan tombol volume-down, colokkan kembali hp ke kabel USB..

Jika masih saja bingung, upgrade aja di Sony Gallery, paling hanya sehari sudah selesai.

hafiz telah menulis...

 ICS untuk XPERIA U apakah udah stabil mas? :)

~thanks~

Faril Lukman telah menulis...

Kalau stabil sih udah stabil semua, tapi ya karena ICS membutuhkan RAM besar ya hp kita kerasa agak lag tiap mbuka beberapa apps tertentu.

Anonim telah menulis...

Caranya bagaimama mas?
langkah2nya?

Anonim telah menulis...

Xperia U saya tidak ngelag, hanya diam bbrp saat dalam setiap per 20 detik.
lebih2 kalau data connection aktif, bagaikan smartphones yg tidak naik kelas.
pikir2 aj kalau ingin upgrade ke ICS, perubahan ga banyak hanya dapat lemot.

hanya sharing. Terima kasih

Faril Lukman telah menulis...

ya begitulah.. Kita hanya mendapat user-interface yang sama sekali baru dan keren. Konsekuensinya ya ada lag pada apps kontak dan sms. Tiap device hasilnya beda2 ternyata..
Tapi saya pernah mencoba Xperia Ray teman saya masih lancar dan mulus meski menggunakan ICS, lancara serasa masih pakai GB

Arjun Kurosaki telah menulis...

di pcku hp sony xperia u mtp device saat dinstal drivernya kok nggak bisa padahal ada sony pc compancionnya gimana solusinya???
bingung ane

Faril Lukman telah menulis...

Iya, punya saya juga gitu. Lebih baik Anda mendownload PC Companion terbaru dari sonymobile (biasanya PC Companion yang disertakan di hp adalah versi lama sehingga percuma jika diinstal karena akan meminta pembaharuan versi)
Untuk mendownload semua tipe hp, pilih tipe hp dari link ini --> http://www.sonymobile.com/id/software/phones/
Untuk mendownload PC Companion khusus Xperia U, klik di sini --> http://www.sonymobile.com/id/software/phones/xperia-u/
atau klik link ini langsung (browser butuh JAVA versi terbaru untuk membuka halaman ini): http://software.sonymobile.com/xperiaupdate/xperiaupdate.jsp?phoneid=xperiau&country=id

Boysipale telah menulis...

untuk up grade xperia ray ke ICS rata2 butuh waktu brapa lama?

Faril Lukman telah menulis...

Tergantung koneksi internet kamu.. Kalo aku nyoba dulu sih nggak sampe setengah jam, itu karena menggunakan wifi kantor..

Kalau upgrade lewat Sony Gallery, dalam tempo sehari sudah bisa diambil..

Ade Nurvy telah menulis...

Mas saya sudah update ke ICS,tapi kok WIFI saya tidak berfungsi kenapa yah? saya menggunakan Sony Experia U
thanks

Faril Lukman telah menulis...

Mungkin ada kegagalan sistem atau kerusakan OS. Coba tanya di forum yang khusus membahas Xperia U. Jika mereka bilang tidak ada crash dan wifi mereka normal setelah upgrade ke ICS, berarti masalah ada di hp, Anda perlu menginstal ulang ICS Anda.. Tapi jika mereka bilang wifi memang bermasalah untuk update ICS di Xperia U, berarti Anda harus menunggu update versi yang lebih baru..
Jika memang sangat membutuhkan wifi saat ini, ada baiknya di downgrade ke GingerBread lagi, caranya dengan melakukan root dan flash GingerBread OS (saya tidak menjelaskannya di artikel ini, coba cari di forum2).

Argi_gentarna telah menulis...

selain ke sony center sama pake pc companion ada lagi gak caranya?
thanks

Faril Lukman telah menulis...

Tentu ada lagi. Tapi ini cara bagi yang bener2 mudeng, soalnya susah dan ribet. Caranya di root dulu hp-nya, lalu cari ROM ICS, instal ROM tersebut//

Untuk detailnya, saya tidak bisa menjelaskan. Silakan dicari di forum XDA..

Frengky telah menulis...

Setelah instal ICS dixperia ray, harus dinstal apa lagi agar wallpaper bisa bergerak?

Faril Lukman telah menulis...

pilih live walpaper yang ada.. caranya: tahan lama di layar, maka akan keluar menu, pilih WALLPAPER, lalu pilih LIVE WALLPAPER untuk memilih wallpaper yang bisa bergerak..

Pilihan wallpaper yang ada merupakan default dari handset, jika ingin memiliki live wallpaper yang lain bisa didownload melalui Play Store

reza telah menulis...

kalo ram full gmna?

yogaasix telah menulis...

Mas saya udah colokin hp saya kedalam flash mode, tapi gak terjadi apa2 tuh, yg ada komputer saya malah hang

Faril Lukman telah menulis...

ya nggak papa dong

Faril Lukman telah menulis...

loh loh kog bisa hank ya.. hhmmm.. bawa aja ke Sony Gallery buat proses upgrade.. Gratis, cuma butuh waktu sehari aja udah kelar..

abg berukband telah menulis...

kenapa ya, android ice cream sandwich perlu di update.....

Faril Lukman telah menulis...

karena di update terbaru ada perbaikan sistem yang kadang crash/memakan banyak memori di update sebelumnya.. Intinya, update baru telah memperbaiki bug yang ada pada masalah sebelumnya..

123 telah menulis...

kalo udah di matiin, hapenya perlu dinyalain lagi gak ?

Faril Lukman telah menulis...

kan di tutorial nggak tak kasih petunjuk buat nyalain hp..
jadi jawabnya: tidak perlu menyalakan hp lagi.

faizal sachrul telah menulis...

gan kalo udah jadi ICS,,batre bakal borosan apa sama aja dr GB,,????
buat Xperia U,,

Faril Lukman telah menulis...

Sebenarnya manajemen batere pada ICS lebih baik daripada GB, tapi penggunaan RAM lebih besar daripada GB sehingga: sama saja menurutku penggunaan baterenya

Unknown telah menulis...

Klo experia j.udah bisa di up grade ke jelly bean belum mas...

Faril Lukman telah menulis...

sepertinya Xperia J tidak mendapat jatah upgrade ke Jelly Bean deh, karena emang spesifikasinya nggak kuat.. Untuk ICS saja sudah ngos-ngosan, apalagi Jelly Bean

Kys telah menulis...

BERHASIL GAN...THANK YOU POSTINGANNYA...^^

luthfi telah menulis...

Gan, ane kesulitan untuk dapetin file updatean nya dari pc companion
Apakah ada cara untuk bisa mendapatkan file updatean tersebut supaya saya bisa save dulu sebelumnya di komputer baru kemudian tinggal install menggunakan xperia ray saya..

Thnks atas jawabannya

Faril Lukman telah menulis...

coba cari di xda-developer, di sana banyak disediakan file backup OS, apps, OS modif, dll. Kalo mau tanya, di sana juga bisa..

Rina Shiroi telah menulis...

untuk Xperia X10 udah ad belum upgrade ICS.a Please infonya donk gan??thx

Andromeda telah menulis...

mas..setelah selesai semua, contacts setup & media go perlu di upgrade juga gak..??

Ellyne McBurnley telah menulis...

gan, kalo ray pake three sinyal nya ada ga?

Faril Lukman telah menulis...

Ada.. Kondisi sinyal tergantung lokasi. Ada beberapa tempat yang sinyal three kuat, ada pula yang lemah. Saya sendiri pake Ray - three dan sinyal yang saya dapat sekitar 3-5 baris.
Tapi memang kendala Ray adalah kekuatan sinyal yang diterima tidak sekuat pada hp lain.

Faril Lukman telah menulis...

Nggak diupgrade nggak papa.. Kalau mau diupgrade, silakan. Hanya pilihan opsional.

Sanches telah menulis...

Bang, pas ane matikan hape dan kabel data disambungin ke komputer, eh langsung gak ke detect? -_- mohon pencerahannya bang.

Faril Lukman telah menulis...

sambil dipencet tombol VOLUME DOWN, ditahan pas nyolokin kabel data ke komputer.. kalo ada "tanda", baru deh dilepas neken tombolnya..

]ROFA Computer, Studio and Pro telah menulis...

Nice gan, btw link back ya gan, web ane http://rofa4ever.faa.im/

Cayoo Nug telah menulis...

Tq ya Bro ....

Faril Lukman telah menulis...

Enggak hilang..

suci telah menulis...

selalu gagal di langkah nomor 2. setelah dimatikan 5 detik, dihidupkan lagi atau tidak?

suci telah menulis...

ini juga

Faril Lukman telah menulis...

nggak perlu dihidupkan.. pas kamu mau nyolokkan kabel data ke komputer, tekan tombol VOLUME DOWN di hp.. Tekan terus sampe ada notifikasi di komputer kalo handphone siap diupgrade. cara ini udah dilakukan?

Faril Lukman telah menulis...

coba colokan kabel data di USB yang lain.. mungkin daya USB kurang kuat. Semisal jika menggunakan komputer, gunakan lubang USB belakang, jangan gunakan port USB yang depan karena daya yang lemah.

Eliza telah menulis...

Gan, mkasih pencerahannya, sy pake hp jadul sony ericsson xperia neo v dah berhasil sy update ke android vs 4.0.4, info nya sgt berguna bgt,aq g perlu bli hp baru....hehehe....

Faril Lukman telah menulis...

ati2 ya kalo hape jadi agak lemot dibanding pas pake OS sebelumnya..

dykha telah menulis...

mas kalo upgrade neo v jadi ics mesti di root dulu kah hpnya ?

nizar telah menulis...

thank's bro....

Faril Lukman telah menulis...

Tergantung koneksi internet kamu..

Faril Lukman telah menulis...

Enggak

Chihuahuaa telah menulis...

Mas, mau nanya ini hp XSola klau mau di active kan dari layar terkunci kok lemot banget yah? nggak nyala" layarnya biar ditekan beberapa kali. Pdhl kondisi hp dlm keadaan menyala. Hrus nunggu lama klau mau nyalanya. Rempong bget klau ada yang nelpon kgak tau gmn mau diangkat.. Sousi dong? Mksih :)

Faril Lukman telah menulis...

OS nya nggak stabil. coba reinstall OS. kalo masih begini, coba konsultasi ke service center

farid telah menulis...

mas, apa bener kalau ingin meng-upgrade itu memory hrus dalam keadaan kosong?

farid telah menulis...

mas, kalau udah nyampek lima detik apakah hp'nya hrus dinyalakan atau tetap dimatikan?

Faril Lukman telah menulis...

Enggak perlu

Faril Lukman telah menulis...

Ikuti tutorial yang saya berikan ya.. Jangan dihidupkan, alias biarkan mati..
Setelah dimatikan, tekan tombol volume-down ditahan lalu tancapkan ke USB, maka akan menyala sendiri..

Kanzo Ninsumate telah menulis...

gan hp sony erixsson saya BootLoop gan ,,, Cara ngatasi nya gimana ?

Tulis Komentar Anda di Sini...