Jumat, 11 Mei 2012

Upgrade Xperia ke Ice Cream Sandwich (Android 4.0)

Kabar gembira bagi pemilik Xperia Ray, Neo V, dan Arc S karena update Android versi 4.0 (official - final version) sudah bisa dicicipi melalui Sonymobile mulai bulan Mei ini. Sedangkan update untuk Xperia jenis lain akan segera diberikan pihak Sony sekitar bulan Juni atau Juli tahun 2012 ini (update bulan Oktober 2012 --> Xperia lain yang rilis tahun 2011 juga sudah bisa upgrade ke ICS). Upgrade ini telah tersedia di negara Indonesia sehingga dukungan software telah disesuaikan dengan Bahasa Indonesia dan beberapa bahasa daerah (Jawa, Sunda, dan Melayu).
Untuk melakukan upgrade bisa langsung datang ke Sony Center (bukan lagi Sony Ericsson Center). Jika tak sempat ke sana, kita juga bisa melakukan upgrade melalui komputer dengan koneksi internet. Caranya sangat mudah, kita tinggal mencolokkan handphone ke komputer yang telah diinstali PC Companion (semacam PC Suite untuk handphone Sony). Untuk mendownload PC Companion terbaru, bisa didapat di http://www.sonymobile.com/global-en/software/phones/. Setelah proses penginstalan selesai, segera hubungkan perangkat handphone-Android ke komputer. Setelah beberapa saat, maka akan muncul notifikasi pemberitahuan bahwa ada update software terbaru bagi handphone kita. Jika belum muncul, maka klik Tab SUPPORT ZONE.
Notifikasi saat ada upgrade software terbaru
Setelah muncul notifikasi, klik UPDATE lalu ikuti saja langkah/petunjuk yang diberikan. Beberapa petunjuk adalah sebagai berikut:
1. Tunggu komputer untuk mempersiapkan proses upgrade (melakukan backup secara otomatis). Kita tidak perlu melakukan apa-apa.
2. Lakukan proses upgrade. Untuk memasuki tahap ini, lakukan langkah berikut:
- Lepaskan handphone dari kabel data
- Matikan handphone, tunggu selama kurang lebih 5 detik (jangan nyalakan handphone)
- Colokkan kembali handphone ke kabel data. Penting --> Tekan VOLUME DOWN dan jangan dilepaskan, barulah kita hubungkan handphone ke kabel data. Setelah perangkat terhubung, lepaskan tombol VOLUME DOWN. Maka di komputer akan muncul status instal new hardware (berupa modus upgrade).
3. Komputer akan mendownload file yang dibutuhkan untuk proses upgrade secara otomatis. Kita tidak perlu melakukan apa-apa.
4. Proses upgrade berlangsung.  Kita tidak perlu melakukan apa-apa.
5. Proses upgrade selesai, kita bisa melepaskan handphone dari komputer. Handphone akan secara otomatis melakukan proses re-start untuk memulai OS baru, yakni Android 4.0.3 Ice Cream Sandwich.

Selamat, handphone Anda sekarang telah menggunakan Android versi baru.

Ada sebuah kekurangan yang menurut saya sangat perlu diperbaiki untuk update berikutnya, yakni kecepatan membuka apps contact. Saat membuka kontak, maka akan ada lag selama lebih dari 1 detik. Sangat mengganggu terutama bagi yang sering membuka kontak untuk menelepon atau mengirim sms, terlebih lagi jika berada di kondisi terburu-buru.

*  *  *  *  *  *  *  *  *
Untuk mendownload PC Companion secara spesifik dari tiga handphone yang telah mendapat jatah Android 4.0 Ice Cream Sandwich, klik link berikut ini:
Description: Upgrade Xperia ke Ice Cream Sandwich (Android 4.0) Rating: 4.5 Reviewer: Faril Lukman ItemReviewed: Upgrade Xperia ke Ice Cream Sandwich (Android 4.0)


.:: Artikel menarik lainnya ::.

104 komentar :

Tulis Komentar Anda di Sini...