Senin, 21 November 2011

SoundHound - Cari Judul Lagu Berdasarkan Suara


Jika sebelumnya saya telah mereview Shazam yang dapat digunakan untuk mencari judul lagu berdasarkan nada yang diperdengarkan, sekarang saya akan mereview aplikasi sejenis yang lebih hebat (powerfull) untuk mengenali sumber suara. Soundhound, aplikasi untuk Android yang dapat menemukan judul lagu berdasarkan suara/nada lagu, bahkan suara nyanyian atau hanya dengungan manusia.
Jika Shazam app hanya bisa bekerja mengenali sumber suara berupa lagu yang diputar dari media player (hal ini juga bisa jadi kelebihan tersendiri | baca kelebihannya di sini), maka SounHound jauh lebih variatif dalam mengenali sumber suara. Selain menggunakan lagu yang diputar sebagai sumber suara, kita juga bisa menemukan judul lagu hanya menggunakan suara kita bernyanyi. Bahkan hanya dengungan atau siulan saja bisa dikenali SoundHound dan ditemukan judul lagunya. Jadi, jika kita lupa judul dan liriknya, cukup dengungkan nadanya saja di dekat microphone gadget kita, pasti SoundHound akan dapat mencari judul dan info lagunya.
p.s. Sayangnya, jika banyak suara di luar (suara selain lagu), maka SoundHound akan kesulitan mengenali suara mana yang akan dijadikan patokan nada untuk mencari info lagu tersebut. Jadi, jika ingin menggunakannya, pastikan hanya terdapat satu suara yang dekat dengan handphone untuk hasil pencarian akurat.
SoundHound menerima sumber suara
Jika merasa memiliki suara sumbang, tak usah khawatir, SoundHound akan tetap dapat menemukan judul lagu yang relevan. Apps ini akan menampilkan daftar beberapa judul lagu yang mirip dengan nada yang diperdengarkan (lagu paling mirip akan berada di daftar teratas).

Cara menggunakan SoundHound sangat mudah. Ikuti langkah berikut:
(1) Buka aplikasi SoundHound di handphone;
(2) Siapkan sumber suara (bisa menggunakan music player (pemutar musik) atau suara kita sendiri);
(3) Tekan TAP HERE yang ada di layar handphone;
(4) Bunyikan sumber suara (bisa juga dengan membunyikan sumber suara terlebih dahulu, baru menekan TAP HERE);
Klik TAP HERE untuk mulai mencari judul lagu
(5) Tunggu beberapa detik bagi SoundHound untuk mendengarkan dan mengenali nada;
(6) Setelah selesai, SoundHound akan otomatis mencari judul lagu melalui koneksi internet;
(7) Judul lagu akan ditampilkan pada layar. Jika nada yang diperdengarkan jelas, maka akan muncul satu judul lagu. Jika ada beberapa lagu yang memiliki nada hampir sama, maka SoundHound akan menampilkan daftar beberapa lagu yang mirip/relevan.
History pencarian judul lagu
Jika judul lagu yang kita cari tidak ada di daftar, kita dapat berpartisipasi menambahkan lagu tersebut di database SoundHound. Dengan adanya tambahan daftar dari kita, maka pencarian berikutnya oleh orang lain akan menemukan judul lagu tersebut. Karena itu, cukup banyak lagu Indonesia yang bisa ditemukan oleh SoundHound app.


Download (kirim ke handphone) melalui Google Play Store

Link di 4shared
Download

Link di mediafire
Download


p.s Penulis sudah mencoba SoundHound untuk mencari info lagu dan hasilnya memuaskan. Percobaan menggunakan sumber suara berupa soundtrack iklan dan lagu tema dari televisi, lagu dari radio, suara nyanyian (lirik dan nada tepat), suara nyanyian (lirik acak-acakan, nada mendekati tepat), suara dengungan (dengan nada sebuah lagu), dan suara siulan.

Lihat juga:
Shazam - Cari Judul Lagu Berdasarkan Nada | klik untuk melihat review
Description: SoundHound - Cari Judul Lagu Berdasarkan Suara Rating: 4.5 Reviewer: Faril ItemReviewed: SoundHound - Cari Judul Lagu Berdasarkan Suara


.:: Artikel menarik lainnya ::.

12 komentar :

Tulis Komentar Anda di Sini...