Kamis, 01 Desember 2011

Al Quran dan Terjemahannya (Android)


Dalam dunia dengan mobilitas tinggi seperti sekarang ini, kita perlu membawa semua kebutuhan dalam perangkat portable yang dapat dibawa kemanapun. Selain peralatan untuk kebutuhan pekerjaan dan hiburan (duniawi), kita juga butuh membawa peralatan untuk memenuhi kebutuhan rohani kita dimanapun kita berada, yakni Al Qur'an. Sekarang ini sudah banyak aplikasi Al Quran yang dapat diinstal di handphone, terutama untuk Android OS. Salah satu aplikasi Al Qur'an dan terjemahan yang saya rekomendasikan untuk digunakan adalah MyQuran (free - gratis)

Aplikasi MyQuran adalah buatan developer Indonesia, the Wali studio, jadi akan sangat cocok bagi kita pengguna yang berada di Indonesia. Jika biasanya aplikasi Quran untuk android hanya memiliki satu terjemahan (biasanya bahasa Inggris) dan hanya bisa memiliki terjemahan bahasa Indonesia jika membeli paid version-nya, maka MyQuran sudah memiliki terjemahan dalam bahasa Indonesia di dalam aplikasi free version-nya.
Fitur MyQuran (free edition):
- Terjemahan
Memiliki fasilitas terjemahan dalam berbagai bahasa di dunia, termasuk bahasa Indonesia, Inggris, China (dalam tulisan China), Jepang (dalam tulisan Jepang), Rusia, dan masih banyak lagi.
- Tajwid
Kita dapat membaca Al Quran sesuai dengan tajwidnya karena di dalam aplikasi ini ada fitur untuk menampilkan tajwid. Tajwid ditampilkan berupa warna huruf yang berbeda dari huruf lain. Semisal, madd yang pembacaannya 2 harakah diberi warna kuning, ikhfa diberi warna hijau, iqlab berwarna ungu, dll. Dengan begini, kita juga dapat belajar ilmu tajwid dengan baik.
Tampilan My Quran
- ayat dalam bahasa Arab (beserta cara bacanya dalam tulisan latin)
- terjemahan ayat ke dalam bahasa Indonesia
- pembedaan warna huruf untuk menandai tajwid 
- Audio
Ketika menekan tombol audio, maka ada pilihan untuk mendownload audio/suara pembacaan ayat/surat yang dimaksud. Kita dapat mendownloadnya secara penuh (hanya untuk infaq version/berbayar) atau mendownloadnya per-surat. Untuk free version, terbatas 10 mb tiap download.
Logat audio pembacaan Al Quran yang saat ini bisa didownload adalah dengan akses Inggris, untuk ke depannya akan ditambah lagi variasinya.
-Asmaul Husna
Di dalam menu utama, kita dapat memilih Asmaul Husna untuk membaca 99 nama Allah.
-Bookmark
Kita dapat menandai ayat tertentu agar tidak lupa untuk dibahas nantinya.
-Jadwal dan Tugas
Kita juga dapat menyetel kapan saja kita akan membaca Al Quran sehingga terjadwal dengan baik dan selesai tepat waktu.
-Random Ayat
Saat membuka aplikasi MyQuran, akan muncul pop-up window yang berisi salah satu ayat Al Quran yang berbeda setiap membuka aplikasi ini.

Download MyQuran (free) - Al Quran dan tejemahannya dalam bahasa Indonesia

Atau download melalui 4shared
Download

Dengan adanya handphone, semua peralatan yang biasanya susah dibawa, sekarang ini telah hadir dalam bentuk digital dimana dapat diakses menggunakan hanya satu genggaman tangan.
Description: Al Quran dan Terjemahannya (Android) Rating: 4.5 Reviewer: Faril ItemReviewed: Al Quran dan Terjemahannya (Android)


.:: Artikel menarik lainnya ::.

9 komentar :

Tulis Komentar Anda di Sini...