Senin, 06 Februari 2012

BackUp Apps Hasil Download dari Android Market


Jika kita mendownload sebuah aplikasi dari Android Market, pasti akan langsung terinstal di dalam sistem Android tanpa ada pemberitahuan di mana letak file installer. Beberapa dari kita ingin mengetahui di mana lokasi hasil download, semisal untuk keperluan back-up, dibagikan kepada teman, re-instal, atau hal lainnya; tetapi tidak tahu di mana lokasi file installer. Untuk bisa menemukan file installer hasil download, kita bisa menggunakan salah satu dari aplikasi ini:

Apps Installer
Aplikasi ini khusus digunakan untuk meng-copy file installer hasil download dari "tempat tersembunyi" ke direktori SDcard. Saat menjalankan Apps Installer, akan terdapat dua direktori; (1) eksplorer yang menampilkan file dan folder hidden, (2) daftar apps yang terinstal di handphone.
Untuk mem-backup kita tinggal tap pada salah satu apps yang ada di daftar, maka akan muncul pilihan. Pilih EXPORT. File installer akan di copy di SDcard (home) dalam bentuk apps.apk. Kita dapat memindahkannya melalui eksplorer.
*  *  *  *  *  *  *  *  *

Android Assistant
Untuk membuat file cadangan aplikasi yang terinstal di gadget, pilih TOOL > APP BACKUP, maka akan muncul daftar aplikasi yang masih terinstal. Beri centang aplikasi yang ingin di backup, lalu tekan Backup Selected.
Semua aplikasi yang pernah diinstal di Android, installer-nya akan disimpan di dalam memori, bahkan aplikasi yang pernah di uninstal sekalipun. Kadang kita ingin menginstal lagi apps yang pernah di uninstal, tetapi repot jika harus mendownloadnya lagi dari Android Market. Dengan Android Assistant, kita dapat melakukan re-instal tanpa perlu mengunduh apps tersebut dari Market.
Untuk menginstal kembali apps, pilih menu TOOL > BATCH INSTALLER di dalam Android Assistant. Setelah beberapa detik (pada beberapa gadget, bisa lebih dari 10 detik. Pastikan gadget jangan sampai terkunci), akan muncul daftar aplikasi yang pernah diinstal di gadget kita (antara apps yang masih terinstal dan telah diuninstal akan terdapat pembedaan keterangan).
Untuk menginstal apps, beri tanda centang pada apps mana saja yang akan diinstal lagi (bisa langsung lebih dari satu), lalu tap tombol INSTALLATION yang berada di bawah. Maka akan muncul tampilan perintah instalasi, tekan tombol INSTAL. Aplikasi akan segera diinstal di gadget dengan sempurna.
download dari Market  |  cara download melalui komputer  |  baca review lebih lengkap
*  *  *  *  *  *  *  *  *

Astro File Manager
Selain berfungsi untuk explorer, apps ini juga bisa digunakan untuk menyimpan apps yang masih terinstal di gadget. Sayangnya, versi update terbaru kurang nyaman digunakan, sehingga saya sarankan untuk menggunakan versi lama.
Untuk menyimpan installer apps, pilih APPLICATION BACKUP, tunggu sebentar hingga Astro menampilkan list apps yang terinstal di gadget. Centang pada apps yang ingin di backup, lalu tekan tombol BACKUP yang berada di kiri-atas. Untuk melihat installer yang telah berhasil disimpan di microSD, lihat pada tab Backed Up Apps. Kita bisa menginstal banyak apps sekaligus dari tab ini.
Sedangkan untuk melihat hasil backup di memori, buka microSD > backup > application.
*  *  *  *  *  *  *  *  *

File Expert (root-only)
Aplikasi ini hanya dapat digunakan pada gadget yang telah di root. Saat pertama kali menggunakan File Expert, kita akan diminta untuk mengizinkan akes melalui SuperUser. Klik OK/YES/GRANTED agar File Expert dapat digunakan. File Expert sebenarnya adalah file explorer, hanya saja memiliki banyak fitur yang penting bagi pengguna Android, yakni dapat membuka folder sistem di internal memory, memodifikasi file di dalam sistem, dan banyak fitur lainnya.
Agar File Expert dapat otomatis membackup apps, klik MENU > MORE > SETTING > APP MANAGER SETTING.  Beri tanda centang Auto Backup. Ketika kita mendownload sebuah aplikasi dari Market, File Expert akan membuat file backup secara otomatis ke direktori SDcard/back up.
Untuk mengganti letak penyimpanan file installer, tap APP backup directory. Lalu ketikkan direktori yang akan digunakan sebagai lokasi backup (perhatikan setiap kode/tanda, seperti garis miring (/) dan titik (.) karena hal ini sangat berpengaruh). Jika bingung, biarkan file dibackup ke direktori default, jangan mengubah menu ini.

Description: BackUp Apps Hasil Download dari Android Market Rating: 4.5 Reviewer: Faril Lukman ItemReviewed: BackUp Apps Hasil Download dari Android Market


.:: Artikel menarik lainnya ::.

0 komentar :

Tulis Komentar Anda di Sini...