Minggu, 25 Maret 2012

Sygic - GPS offline di Android

Gadget yang menggunakan sistem operasi Android memang telah dibekali dengan sistem A-GPS, yakni kemampuan mengenali lokasi peta menggunakan bantuan satelit. Karena membutuhkan satelit, sistem ini tentu saja membutuhkan koneksi internet untuk mendapat tampilan peta dan lokasi kita. Terkadang jika sinyal lemah akan berakibat koneksi yang lambat sehingga membuat gadget kesulitan menampilkan map. Namun, sekarang ini telah hadir aplikasi GPS untuk Android yang dapat digunakan secara offline, bukan A-GPS. Sygic mampu menampilkan peta lengkap beserta jalur yang akan ditempuh (navigasi) untuk mencapai suatu tempat berdasarkan peta.
Fitur Sygic:
- Menampilkan peta secara offline.
- Menampilkan lokasi kita di map (syarat: GPS atau Wi-fi aktif)
- Nama-nama tempat (seperti nama toko, bank, pasar, sekolah, gedung kantor,dll) ditampilkan di map (bahkan lokasi beberapa Indom**et ada di map)
- Navigasi lokasi berdasarkan nama tempat di sekitar kita, Home, nama jalan, koordinat Google Maps, foto (dengan geotag), bangunan, dll.
 
- Memberikan petunjuk arah jalan menuju lokasi yang akan dituju
- Memiliki fitur suara yang akan memandu arah kita (arah belokan, jarak belokan di depan, jarak lokasi tujuan, dll)
- Dapat menambahkan melalui jalur mana yang akan dilewati
- Dapat menyimpan lokasi Rumah (Home) di dalam map sehingga memudahkan kita untuk mengaktifkan panduan ke arah Rumah.
- Dapat berbagi jalur ke teman-teman lain
- Menampilkan kecepatan kendaraan, jarak dari belokan di depan, jarak dari lokasi tujuan.
- Dapat diset menjadi modus drive dan walk.

 

- Terdapat fitur bangunan 3D di peta beberapa negara khusus.
- Kompas
- Interactive map (dapat menampilkan info dengan cara tap pada map)

*  *  *  *  *  *  *  *  *
Saat ini, tampilan map (untuk negara Indonesia) yang lengkap hanya untuk kota-kota besar, sedangkan daerah pelosok belum ada tampilan peta yang lengkap.

Download dari Android Market (7 days trial)


Setelah menginstal Sygic, kita diharuskan mendownload map negara tertentu yang akan kita gunakan. Sebagai contoh saya mendownload map Indonesia full (+ 300 mb). Di dalam map telah tersedia berbagai macam info navigasi dan nama-nama jalan serta nama tempat. Jika terdapat pembaruan map, maka kita akan diberitahu melalui notifikasi update map.

Aplikasi Sygic termasuk dalam aplikasi berbayar, tetapi terdapat web yang menyediakan versi gratis (free) sehingga menjadi full version / bukan trial lagi. (klik di sini untuk mendapat Sygic versi gratis).
Setelah masuk ke web di atas, klik link yang ditunjukkan dengan lingkaran warna merah
Jika handphone tidak memiliki koneksi internet dengan kuota besar, Anda bisa mendownload map Indonesia melalui link di bawah ini.

Gabungkan file tersebut menggunakan HJSplit (download HJSplit di sini), lalu masukkan folder AURA ke dalam microSD (akan me-replace) yang telah ada. Jika tidak, masukkan saja file di dalam folder AURA ke dalam folder AURA yang ada di microSD.
Description: Sygic - GPS offline di Android Rating: 4.5 Reviewer: Faril Lukman ItemReviewed: Sygic - GPS offline di Android


.:: Artikel menarik lainnya ::.

86 komentar :

Tulis Komentar Anda di Sini...