Rabu, 06 Juli 2011

European Volcano Center - Auvergne


Volcano Center adalah suatu tempat yang dapat digunakan untuk mengamati, mempelajari, dan menikmati keindahan aktivitas gunung berapi. Di tempat ini, biasanya terdapat gardu pandang untuk mengamati perkembangan aktivitas gunung, museum geologi, dan beberapa ruang yang digunakan untuk wisatawan umum. Salah satu volcano center yang terkenal di dunia adalah Europan Volcano Center.
Europan Volcano Center berada di Auvergne, sebuah daerah di negara Perancis dengan lansekap wilayahnya yang sangat unik karena dibentuk oleh aktivitas vulkanik selama ratusan tahun. Hal ini dikarenakan Auvergne berada di daerah vulkanik utama Benua Eropa, yakni Gunung Chaine des Puys, Monts Dore, Cezallier, dan Monts du Cantal, serta dataran tinggi granit L'Artense.
Perancangan Europan Volcano Center dilakukan melalui proses sayembara yang diadakan oleh Komisi Tetap Dewan Daerah Augverne dalam Kompetisi Teknis dan Arsitektur Internasional pada tahun 1993 yang akhirnya dimenangkan oleh Hans Hollein (warga negara Austria).

Ruangan yang berada di Europan Volcano Center
RUANG UTAMA
- The Crater (Kawah)
Pengunjung akan berjalan menurun melalui ramp yang memutari dinding kawah hingga kedalaman 35 meter di bawah permukaan tanah. Di dinding perjalanan, dihiasi berbagai efek khusus untuk menjelaskan sistem yang mengatur pergerakan bumi; kejadian vulkanik, getaran tanah, dan gemuruh refleksi  yang menjelaskan aktivitas gunung api. Di dalamnya juga terdapat ruang model animasi, pusat data interaktif, dan tata ruang luar gunung api (kolam lumpur - kawah, batuan, dan vegetasinya)
- The Cone (Kerucut)
Dibatasi oleh dua dinding yang melengkung membentuk elips tanpa atap. Dinding bagian luar dilapisi chambois gelap yang tampak serasi dengan warna lahar dan kawah. Sedangkan pada bagian dalam dinding dilapisi dengan menggunakan tembaga yang dapat membuat efek refleksi sinar matahari dan sinar buatan.
- Film Theatres
Di dalamnya terdapat dua layer raksasa dan proyektor yang akan menampilkan efek letusan gunung api dan aspek ilmiah dalam ilmu vulkanologi.

RUANG PENUNJANG
- Entry Sequence 
Dari sinilah, pengunjung akan memasuki kompleks European Volcano Center dengan cara melewati sebuah jembatan yang melintas di atas kawah (the crater) menuju puncak karang basalt.
- The Cyclopean Wall
Merupakan jalur dari luar untuk memasuki Europan Volcano Center. Jalur ini dibentuk oleh dua dinding sepanjang 165 meter menuju plaza. Saat berjalan di Cyclopean Wall, pengunjung akan dibawa menuruni hingga 7,19 meter di bawah permukaan tanah dengan dihiasi berbagai efek sehingga terasa seperti perjalanan menuju pusat bumi.
- Scenography
Ruangan yang digunakan untuk dapat mengamati dan menikmati magma bawah tanah, batu belerang, aliran lava basalt, dan geyser (pancaran air panas).

RUANG TAMBAHAN
- Area pendidikan
Berupa ruangan yang dapat digunakan oleh pengunjung untuk mencoba berbagai eksperimen dan percobaan berkaitan dengan ilmu vulkanologi dan geologi. Proses eksperimen menggunakan peralatan interaktif yang dibantu para guide yang ahli di bidang tersebut.
- Symposium
Ruangan symposium berada di luar rute perjalanan pengunjung biasa sehingga tidak mengganggu tur Europan Volcano Center. Digunakan sebagai tempat pertemuan, seminar, kursus, dan pelatihan yang dapat menampung hingga 150 orang. Selain itu, juga terdapat ruang konferensi dengan kapasitas 120 orang.
- Pusat Dokumentasi
Digunakan sebagai tempat publikasi dan informasi dengan dunia luar. Terdapat data komputer, dokumentasi foto dan video, serta transmisi aktivitas gunung api di seluruh dunia. 

- Restoran
Jika pengunjung merasa ingin mencari makanan atau minuman, mereka dapat mengunjungi restoran di dalam kompleks Europan Volcano Center yang dapat menampung sekitar 500 orang. Mereka dapat menikmati pelayanan konvensional (seperti pada restoran biasa) ataupun self-service (mengambil makanannya sendiri / seperti prasmanan). Selain restoran, dilengkapi juga dengan sandwich bars dan konter minuman.
- Toko
Menyediakan berbagai souvenir, buku-buku tentang ilmu bumi dan tentang Auvergne, peta, video tentang gunung api,  dan berbagai bahan mineral.
- Pelayanan Lain
Terdapat ruang penjagaan, pos pengamatan, dan sebagainya.
*  *  *  *  *  *  *  *  *

Disusun oleh:
Septia Faril Lukman
Mahasiswa Jurusan Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Diponegoro

Sumber:
Kukuh Handayani. 2004. Volcano World (LP3A). Undip | lihat e-prints
Description: European Volcano Center - Auvergne Rating: 4.5 Reviewer: Faril ItemReviewed: European Volcano Center - Auvergne


.:: Artikel menarik lainnya ::.

0 komentar :

Tulis Komentar Anda di Sini...