Sabtu, 09 Juli 2011

Selasar Sunaryo Art Space


Selasar Sunaryo adalah salah satu galeri lukisan yang cukup terkenal di dunia. Bahkan tempat ini menjadi salah satu rekomendasi kunjungan wisata kesenian internasional. Tak hanya lukisan saja, tempat ini juga menjadi pusat kebudayaan dan kesenian Indonesia karena saat ini telah menampung berbagai macam karya seni dan kebudayaan dari berbagai seniman.
Nama "Selasar Sunaryo Art Space" diambil dari nama seniman yang memiliki galeri seni tersebut, yakni Bapak Drs. Sunaryo. Sedangkan kata "selasar" memiliki pengertian bahwa Selasar Sunaryo merupakan tempat yang terbuka bagi siapapun yang ingin berkunjung dan menikmati berbagai koleksi karya seni. Istilah selasar juga bisa diartikan bahwa karya seni adalah suatu proses kreatif yang terus berjalan karena ruangan selasar memang panjang dan dapat dilewati terus tanpa penghalang.
Pembangunan seluruh bangunan Selasar Sunaryo membutuhkan waktu selama 4 tahun (1993-1997) dan merupakan hasil rancangan dari Sunaryo (seniman/pemilik) bersama Baskoro Tedjo (arsitek). Selasar ini mulai dibuka untuk umum sebagai sebuah galeri lukisan sejak September 1998. Pada awal pembukaan, Selasar Sunaryo digunakan sebagai museum koleksi karya seni dari Sunaryo yang tidak dijual. Namun, seiring dengan berjalannya waktu, banyak karya seni dari seniman lain juga diapresiasi dan dipamerkan di tempat ini. Bahkan, karya seni selain seni rupa juga dihadirkan di sini, yakni karya dalam bidang arsitektur, sastra, dan film dipamerkan di ruang pameran Selasar Sunaryo.

LOKASI
Selasar Sunaryo berada di propinsi Jawa Barat, tepatnya Kecamatan Lembang, Kota Bandung. Letaknya berada di kawasan perbukitan alami yang beralamat di Jalan Bukit Pakar Timur No. 100, Dago, Bandung.

MASSA BANGUNAN
Letak Selasar Sunaryo yang berada di kawasan perbukitan sangat menentukan pola peletakan fungsi massa bangunan yang mengisi ruang seluas 5000m2 dengan tingkat kemiringan sekitar 20-40%. Maka dalam perancangannya dilakukan pemisahan massa bangunan berdasarkan pengelompokan fungsi aktifitas. Berikut pengelompokan massa bangunan di Selasar Sunaryo berdasarkan fungsinya:
Denah lantai dasar
Denah lantai 1
a. Fungsi Bangunan Utama, dengan dimensi sekitar 8,4x22 m2 yang terdiri atas tiga lantai yang berbeda dengan split level yang memanfaatkan pola kontur eksisting.
b. Fungsi Bangunan Penunjang, yang terdiri atas dua lantai yang berbeda dengan split level.
c. Ruang Amphiteater terbuka berbentuk setengah lingkaran dengan diameter sekitar 20m dari lingkar luar amphiteater dan 10m dari lingkar luar panggung.
Keterangan gambar:
C : Wing Space
D : Kopi Selasar
E : Central Space
F : Cinderamata Selasar
G : Audio Visual Space
H : Amphitheatre
I : Bale Handap
J : Bamboo House





Keterangan
A : Stone Garden
B : Main Space










FASILITAS DAN FUNGSI RUANG
Selain aktifitas utama galeri seni yaitu memamerkan, merawat, dan mengapresiasikan karya seni; Selasar Sunaryo tentunya juga berfungsi sebagai studio kerja mengingat galeri seni ini adalah milik personal. Selain itu, terdapat beberapa ruang dengan fungsinya masing-masing untuk menunjang keberadaan Selasar Sunaryo ini.
- Ruang A (Gallery A) | luas ±177 m2
Digunakan untuk pameran karya-karya Sunaryo dengan urutan berdasarkan tahun pembuatan. Selain itu juga digunakan untuk pameran dalam skala besar bagi karya seniman Indonesia dan luar-negeri untuk promosi karya mereka.
 

- Stone Garden luas | luas ±190 m2
Ruang terbuka yang digunakan untuk memamerkan kesenian yang terbuat dari batu, hasil karya Sunaryo.

- Ruang Sayap (Wing Gallery) | luas ±48 m2
Digunakan sebagai ruang pamer yang menampilkan karya seni dari para seniman muda Indonesia maupun manca-negara. Karya-karya tersebut dipamerkan secara permanen (tidak diganti dalam waktu yang lama) di ruang ini sehingga dapat dinikmati pengunjung kapanpun waktunya.

- Ruang B (Gallery B) | luas ±210 m
Digunakan untuk mempresentasikan karya seni dari para seniman muda Indonesia maupun manca-negara. Karya-karya tersebut dipamerkan secara permanen (tidak diganti dalam waktu yang lama) di ruang ini sehingga dapat dinikmati pengunjung kapanpun waktunya.

- Kopi Selasar | luas ±157 m | lihat detail
Kafe outdoor yang digunakan untuk menikmati kopi dan makanan kecil (disediakan) sambil menikmati keindahan pemandangan bukit Dago.

- Cinderamata Selasar (Selasar Shop) | lihat detail
Toko dimana pengunjung dapat membeli oleh-oleh/souvenir berupa produk kesenian serta buku dan jurnal yang berisikan tentang seni dan budaya.

- Amphitheater | luas ±198 m
Ruang terbuka yang membentuk 3/4 lingkaran dan dapat menampung maksimun 300 orang. Digunakan untuk pertunjukan, pembacaan puisi, dan seni-budaya lain.


- Bamboo House | luas ±76 m
Bangunan yang terbuat dari bambu, digunakan untuk seniman yang sedang mengikuti suatu program atau untuk menyambut tamu spesial.


- Bale Handap
Ruang serbaguna yang digunakan untuk diskusi, pertunjukan, acara-acara tertentu, dan workshop. Letaknya agak terpisah dari bangunan utama lainnya.


- Bale Tonggoh (Upper Hall) | luas ±190 m
Bangunan semi-permanen yang digunakan untuk project room dann ruang pamer temporer (sementara) sehingga pengunjung hanya dapat menikmati pameran karya seni saat dilakukan kegiatan pameran.

- Pustaka Selasar | lihat detail
Ruangan ini baru dibuka untuk umum pada tahun 2008 dan memiliki berbagai data tentang kesenian dalam bentuk dokumentasi kesenian Indonesia, fotografi, katalog pameran, katalog tentang Selasar Sunaryo, buku dan jurnal, film, poster, dan juga paper.








Bagi saya dunia seni rupa itu, apapun bentuk karya seni yang saya kreasi adalah merupakan hasil seni yang lahir dari dunia kontemplasi. Hasil renungan. Dengan demikian karya seni bukan semata-mata peristiwa atau buah karya dari daya imajinasi belaka. Didalamnya ada pergulatan pikiran, ada perjalanan ruang dan waktu yang mengental dalam lumpur pengalaman di batin saya” - Sunaryo
 *  *  *  *  *  *  *  *  *

Disusun oleh:
R.Aj. Elizabeth Vania
Rahmat Agung Riyanto
Rahmawati Mujihartini
Ria Cipta Sari
Septia Faril Lukman

Sumber:
http://bandung.detik.com/read/2008/04/17/084733/1048746/666/menikmati-seni-di-selasar-sunaryo
http://www.selasarsunaryo.com/ Description: Selasar Sunaryo Art Space Rating: 4.5 Reviewer: Faril ItemReviewed: Selasar Sunaryo Art Space


.:: Artikel menarik lainnya ::.

5 komentar :

Tulis Komentar Anda di Sini...