Senin, 15 Oktober 2012

Paket Wisata Candi Prambanan - Ratu Boko


Candi Prambanan adalah salah satu candi Hindu yang berada di perbatasan Jawa Tengah dan Yogyakarta, tepatnya berada di Desa Prambanan, Kabupaten Klaten. Untuk menuju ke Prambanan dari arah Jogja, kita bisa mengambil jalur melalui Ringroad Utara ke arah Solo. Saat berada di Klaten, kita akan menemukan kompleks-candi ini di sebelah kiri jalan.
Saat berkunjung ke Candi Prambanan, kita akan mendapat tawaran Paket Wisata Candi Prambanan-Ratu Boko. Paket ini dapat menghemat budget dan waktu kita. Dengan harga Rp 45.000, kita bisa menikmati kedua candi. Sedangkan jika kita tidak mengikuti paket akan dikenakan biaya Rp 30.000 (untuk Candi Prambanan) dan Rp 25.000 (untuk Candi Ratu Boko).
Selain adanya potongan harga, kita juga akan mendapat fasilitas transportasi gratis dan sebotol air mineral ukuran kecil. Tawaran ini akan lebih baik jika kita memilih untuk berkunjung sendiri ke Ratu Boko yang jalurnya tidak terlalu bagus dan banyak tikungan yang cukup susah dihapal.

Di kawasan Prambanan, kita akan menemukan 7 candi yang masih berdiri tegak dan beberapa reruntuhan bekas candi. Terdapat sebuah candi utama yang dikelilingi oleh 6 candi lain. Kondisi saat bulan September 2012 adalah masih dilakukan renovasi terkait bencana gempa yang pernah melanda kawasan ini.
Setelah memarkirkan kendaraan, kita bisa masuk melalui gerbang dengan loket tiket persis di sebelahnya. Jalur dari gerbang menuju kawasan candi terbilang cukup jauh, jadi bersiap-siaplah jalan kaki (jika datang saat siang hari, penulis sarankan untuk membawa payung/jaket/pelindung-lain untuk menghindari terik matahari). Saat tepat berada di depan kompleks candi, kita akan disuguhi pemandangan luar bisa ketujuh candi yang berdiri tinggi dengan anggun seolah siap menerima kedatangan kita.
Penjelasan tentang Kompleks Candi Prambanan dapat dibaca di sini.
Candi Prambanan dari jalan keluar
Arca di museum
Denah Merapi, Prambanan, Keraton, Laut Kidul, dan beberapa candi lain
Peralatan-kuno yang terbuat dari emas
Jalur keluar
Prambanan dari taman di bagian depan
Patung Dewa Wisnu
Relief di sepanjang dinding candi

Patung Dewa Syiwa
Reruntuhan candi

2. Candi Ratu Boko
Candi Ratu Boko dapat ditempuh dari Prambanan dalam waktu sekitar setengah jam perjalanan menggunakan mobil. Karena mengikuti paket wisata ini, penulis mendapat fasilitas transportasi gratis menggunakan shuttle bus yang terbilang nyaman dan siap berangkat berapapun jumlah penumpang (saat itu kami hanya bertiga, padahal tersedia 11 kursi yang ada).
Candi Ratu Boko berupa kompleks semacam istana pada masa lalu. Di bagian depan terdapat beberapa anak tangga hingga ke gerbang utama yang juga memiliki anak tangga lagi. Setelah memasuki gerbang, kita akan disuguhi lapangan yang sangat luas. Menurut tour-guide, di lapangan itu dahulunya terdapat beberapa fasilitas pemandian, gua lelaki, gua wanita, tempat upacara pemujaan, tempat pembakaran mayat, dan fasilitas lain. Sayang sekali kondisinya sudah tak bisa kita lihat lagi sekarang. Hanya ada beberapa reruntuhan batuan bekas-candi.
Fasilitas hiburan sebelum memasuki kompleks candi
Anak tangga menuju gerbang Candi Ratu Boko
Candi Prambanan dilihat dari Candi Ratu Boko
Batuan bekas candi
Rusa yang diperlihara di kawasan
Jalur menuju kompleks Candi Ratu Boko

Lihat juga:
Candi Prambanan - Kompleks Candi Roro Jonggrang

Travelers:
Faril Lukman
Johan Chandra
Wardhani Sulistyani
Description: Paket Wisata Candi Prambanan - Ratu Boko Rating: 4.5 Reviewer: Faril Lukman ItemReviewed: Paket Wisata Candi Prambanan - Ratu Boko


.:: Artikel menarik lainnya ::.

0 komentar :

Tulis Komentar Anda di Sini...