Selasa, 25 Desember 2012

TweetCaster for Twitter - Menikmati Twitter di Android


Tweetcaster adalah salah satu twitter-client yang dibuat bagi pengguna gadget android. Beberapa kelebihan dimiliki apps ini sehingga layak digunakan bagi kita semua. Fitur dalam tweetcaster adalah sebagai berikut;
- Tampilan Time Line
Penggunaan warna background yang berbeda di timeline akan memudahkan kita membedakan mana yang tweet orang, mention, atau tweet kita. Dalam sebuah tweet, terdapat foto avatar, nama asli, dan nickname dari pembuat tweet tersebut (kita bisa mengatur hanya nama/nickname/avatar atau semuanya muncul).
- Fitur Draft, Post Later
Dengan adanya fitur ini, kita dapat menyimpan tweet yang tidak jadi di-post untuk saat itu. Misalnya saat koneksi sedang down, kita bisa menyimpannya dalam bentuk draft untuk di-post setelah koneksi lancar. Draft bisa menyimpan banyak tweet yang batal di-post.
Sedangkan fitur Post Later dapat digunakan untuk menjadwalkan tweet kita akan di-post secara otomatis pada jam berapa.

- Mention dan Hastag memiliki fitur auto-complete
Fitur ini mempermudah kita menuliskan nama akun orang jika kita ingin membuat mention. Jadi, kita tinggal mengetikkan nama seingat kita tanpa perlu menulis nama secara lengkap, maka akan muncul sugestion akun mana yang akan kita masukkan. Tak hanya akun yang kita follow saja, tapi juga akan ada pilihan akun orang asing untuk kita mention.
Saat menekan tombol hastag, akan muncul pilihan hastag mana saja yang pernah kita gunakan sebelumnya.

- Upload lebih dari satu attachment
Kita dapat mengupload banyak gambar atau video dalam satu tweet. Gambar/video ini bisa kita ambil dari gallery ataupun mengambilnya dari kamera secara langsung saat itu juga.

- Dapat melihat profile akun orang lain
Dengan men-tap nama akun sesorang, kita akan dapat melihat profil orang tersebut dengan keterangan foto avatar, nama lengkap, about her/him, link url, lokasi (saat men-tap lokasi akan otomatis menampilkannya dalam maps), dan header (fitur baru). Selain info akun, kita juga bisa melihat tweet, mention, favorit, dan list dari akun tersebut. Di bagian bawah terdapat keterangan yang menunjukkan orang tersebut telah mem-follow kita atau belum.
Saat berada di profil orang, kita dapat membuat mention ke orang tersebut dengan cepat, yakni tinggal tap tombol tweet yang berada di bagian atas. Ada juga tombol untuk mem-follow dan membuat DM.

- Pencarian (Search)
Pencarian dapat dilakukan menggunakan keyword (bisa satu atau lebih dari satu kata) dalam tab profile (akun yang mengandung keyword), tweet (tweet terbaru yang mengandung keyword), dan nearby (tweet dan akun di sekitar kita | membutuhkan GPS).
Selain itu, kita juga bisa mencari keyword di dalam profile kita sendiri ataupun profile orang lain sehingga mempersempit lokasi pencarian yang akhirnya akan memperoleh hasil lebih optimal.

- Retweeted by who
Kita dapat melihat tweet orang yang kita RT, retweet dari teman-teman kita, dan tweet kita yang di-RT orang lain.

- Dukungan image and URL tanpa browser luar
Kita dapat melihat image langsung di TL/mention dalam ukuran preview kecil. Jika ingin memperbesar gambar, tinggal tap gambar, maka akan keluar gambar dengan ukuran tampilan besar. Gambar bisa kita simpan ke dalam memori ataupun kita bagi link-gambar ke teman melalui apps yang ada di gadget.
Kita juga dapat membuka link url tanpa menggunakan browser luar, yakni browser bawaan TweetCaster. Namun, kita masih dapat memilih untuk membuka link tersebut menggunakan browser luar dengan memilih nama-browser saat kita men-tap sebuah link url (bisa menggunakan direct-link ataupun dari readability).

- Fitur shortening tweet
Jika kita mencantumkan link url, maka tweetcaster akan otomatis menyingkatnya sehingga tidak menghabiskan 140 karakter yang tersedia. Kita juga bisa menampilkan link tersebut utuh tanpa perlu penyingkatan dengan trik mem-post nya dengan segera setelah menuliskan link tersebut.

- Retweet with Comment
Saat men-tap tombol Retweet with comment, pointer otomatis berada di depan sehingga tidak repot memindahkan pointer saat menulis tweet.

- Pilihan refresh
Kita bisa memilih kapan TweetCaster akan melakukan auto-refresh, bisa hanya saat kita membuka apps ini (fitur baru), setiap berapa menit sekali, atau bagaimana tergantung selera. Sebagai catatan, saat kita mem-post sebuah tweet, maka TweetCaster otomatis akan melakukan refresh.

- Notifikasi
Kita bisa memilih untuk mengaktifkan atau menonaktifkan fitur ini. Jika mengaktifkannya, kita bisa memilih setiap interval berapa menit/jam untuk memberi notifikasi tweet terbaru. Kita bisa mengatur untuk memberikan notifikasi untuk semua tweet terbaru atau HANYA mention yang menuju ke akun kita.
Jika ingin menghemat konsumsi baterei, kami sarankan untuk men-non-aktif-kan fitur ini.

- Warna tema
Warna tema bisa diganti sesuai keinginan agar lebih nyaman dibaca.

- Options
Saat men-tap sebuah tweet, maka akan muncul option: reply (membalas akun pembuat tweet), reply all (membalas tweet yang akan me-mention semua akun yang ada di tweet), favorit (memasukkan tweet dalam daftar favorit kita), retweet, retweet with comment (me-RT beserta komentar dari kita), profiles (melihat profil dari semua akun yang ada di dalam tweet), view replies/conversation (melihat balasan dan percakapan yang berhubungan dengan tweet), zip it (memblock akun agar tidak muncul di timeline/mention kita, hanya akan terlihat seperti gambar resleting), who retweeted this (melihat siapa saja yang meng-RT), permalink (membuka semua link yang tercantum, termasuk profil), copy, dan share (menyebarkan tweet melalui apps lain, semisal whatsapp, twitter-client, email, sms, dll).

- Widget
Kita dapat menampilkan widget di Home/Desktop sehingga mudah mengecek Time Line ataupun Mention serta membuat tweet baru.


Selain fitur di atas, beberapa fitur bisa kita akses dengan cara tekan MENU pada gadget:
- Smart Filter
Merupakan fitur search untuk mencari tweet, images, images gallery, video, links dalam sebuah tab timeline/mention.

- My Stats
Menampilkan top tweeters, most mentioned, top trends, new tweet, most retweeted dari tab timeline, tweet kita (berdasarkan 100 tweet terakhir), tweet teman kita (berdasarkan 100 teman di timeline)


Pengaturan lain yang dapat kita akses melalui MENU > MORE > SETTING
- Multi account
Dapat menggunakan lebih dari satu akun twitter.

- Display
Themes | mengganti tampilan tweetcaster sesuai selera,
Font size | mengatur ukuran huruf agar lebih nyaman dibaca,
Mentions color | secara default berwarna orange kecoklatan,
My tweets color | secara default berwarna hijau,
Title name display | mengatur hanya nickname, nama asli, atau keduanya yang terlihat di tweet,
Date format | keterangan tweet di-post kapan yang dapat diatur menjadi: absolute (terlihat hari dan jam Tweet | semisal: 7/6/12 06:33) dan relatif (terlihat sebagai "berapa jam yang lalu" | semisal: 1 hours ago, yesterday, atau 4 days ago),
Hide avatar | agar foto profile tidak muncul sehingga menghemat kuota

- Tweets
Auto-refresh | untuk mengatur kapan tweetcaster akan me-refresh dalam interval waktu tertentu (refresh interval ~ dapat diatur berapa menit/jam sekali melakukan refresh otomatis), only refresh on launch (otomatis refresh saat membuka apps ini pertama kali),
Messages to load | berapa jumlah tweet maksimal dalam satu tampilan dan satu refresh,
Use pull to refresh | kita dapat menarik ke bawah maka akan tweetcaster akan melakukan refresh,
Refresh on shake | kita dapat menggoyangkan gadget maka akan tweetcaster akan melakukan refresh,
Retweet confirmation | ketika menekan tombol retweet, akan ada konfirmasi terlebih dahulu,
Url action | saat memilih sebuah link url, kita dapat menentukan membukanya menggunakan apa (ask ~ selalu ditanya untuk memilih, open ~ otomatis membuka menggunakan alat yang telah kita tentukan, view with readability ~ membuka melalui link readability, copy, read later),
Use internal browser | membuka link url menggunakan browser tweetcaster,
Zip it | telah dijelaskan di atas,
Signature | menyematkan sebuah kata/kalimat agar otomatis muncul di setiap tweet yang kita buat,
Open gaps form (top dan bottom),
Enable RSS

- Notifications
Background notifications | pengaturan untuk mengizinkan tweetcaster melakukan auto-refresh meski apps sedang tidak dalam keadaan terbuka. Fitur ini hanya dapat berfungsi jika fitur Auto-refresh (menu Tweet) diaktifkan,
Notify on new tweet | akan memberikan notifikasi jika ada tweet baru,
Notify on new mentions | akan memberikan notifikasi jika hanya ada mention baru,
Notify on new DMs | akan memberikan notifikasi jika hanya ada message baru,
Vibration | pengaturan getar saat ada notifikasi,
Flashing LED | pengaturan warna dan kecepatan lampu indikator saat ada notifikasi,
Sound | pilihan suara notifikasi,
Ringtone | jika memilih ringtone untuk notifikasi, kita bisa menentukan menggunakan ringtone dari gadget,
Custom notifications | notifikasi khusus untuk akun tertentu yang kita pilih, 
Sleep mode | akan otomatis menutup apps dalam jangka waktu tertentu

- Ecternal Services
URL shortening | memilih menggunakan layanan apa saat kita memasukkan link url di tweet (pilihan: t.co, bit.ly, is.gd, po.st),
Image service | memilih menggunakan layanan apa saat kita mengupload gambar (pilihan: TwitPic, yFrog, Twitgoo, imgur, img.ly, MobyPicture, TwitrPix, Twitter),
Video service | memilih menggunakan layanan apa saat kita mengunggah video (pilihan: Telly ~ previously Twitvid, yFrog),
Read later | memilih menggunakan layanan apa saat kita ingin menunda membaca tweet tertentu (pilihan: Instapaper, pocket, readability),
Sync with (Tweetcaster.com, tweetMarker),
System (akun facebook, send tweetcaster logs ~ mengirim message ke publisher, clear cache ~ menghapus semua tweet/attachment yang sebelumnya ada agar proses membuka apps lebih cepat, language, location service, twitter status, use facebook)


Download TweetCaster for Android dari Play Store
4.7 mb | free | versi ads
(cara download melalui komputer)

TweetCaster Pro gratis
Di Play Store terdapat TweetCaster Pro yang merupakan versi berbayar, di mana tak ada tampilan iklan lagi di bagian bawah. Jika ingin mendapatkan versi gratis (TweetCaster Pro full version), ada sebuah web yang menyediakan masterannya secara gratis. Download masteran tersebut di sini (link download ada di bagian bawah artikel). Setelah proses pengunduhan selesai, masukkan masteran TweetCaster Pro ke SDcard, lalu instal di gadget.
link download versi 6.1 --> download
link download versi 7.0 --> download dari web | download dari server
p.s.
Jika gadget menolak penginstalan dari microSD, coba atur kembali settingannya (lihat tutorial klik di sini)


Lihat juga:
Description: TweetCaster for Twitter - Menikmati Twitter di Android Rating: 4.5 Reviewer: Faril Lukman ItemReviewed: TweetCaster for Twitter - Menikmati Twitter di Android


.:: Artikel menarik lainnya ::.

4 komentar :

Tulis Komentar Anda di Sini...