Minggu, 10 Oktober 2010

Gabus Cork Sebagai Bahan Lantai


Gabus cork yang digunakan sebagai bahan lantai tidak sama dengan gabus-gabus yang digunakan sebagai wadah barang. Gabus ini lebih keras dan kuat, karena itu dapat digunakan sebagai tempat berpijak. Gabus cork berasal dari kulit kayu pohon ek. Pohon ek ini baru dapat dipanen kulit kayunya jika telah mencapai usia 20 tahun. Setelahnya, kulit kayu pohon ek masih dapat dipanen secara berulang setiap 9-10 tahun sekali hingga pohon tersebut berusia 200 tahun. Karena bisa dipanen berulang kali hingga 200 tahun, tentu gabus cork lebih ramah lingkungan dibandingkan dengan batangan kayu yang lain.
Gabus cork lebih efektif daripada lantai kayu maupun keramik karenadapat dipanen dari pohon yang sama selama 200 tahun sehingga dapat menghemat biaya dan juga mengurangi beban energi yang dikeluarkan untuk menghasilkan produk pabrikan tersebut. Gabus cork juga dapat menyerap panas dengan baik sehingga lantai tetap terasa hangat di siang dan malam hari. Pada siang hari, bahan ini menyerap panas ruangan sehingga dapat menurunkan suhu ruangan. Gabus cork memiliki sifat lunak, hangat, dan dapat meredam bunyi (menyerap gelombang bunyi/suara dengan baik). 

Spesifikasi Gabus Cork
· Lunak 
· Mampu meredam kebisingan 
· Ringan 
· Mampu menyerap panas (menjadi hangat)
· Tahan air 

Pengolahan Gabus Cork
Kulit kayu pohon ek mempunyai serat yang kasar sehingga dalam proses pembuatannya dapat menghasilkan sebuah bahan yang solid dan memiliki kerekatan kuat. Untuk lapisan terluarnya yang masih kasar, dihaluskan agar dapat dipakai sebagai tempat berpijak yang nyaman.
Dalam pengolahan, kulit kayu pohon ek dihaluskan (dihancurkan menjadi serpihan-serpihan) dan direbus di campuran cairan kimia. Hasil rebusan bubur-kulit-kayu dituang ke dalam cetakan untuk di pres. Setelah menjadi suatu bentuk, bubur tersebut didinginkan beberapa hari. Setalh dingin dan keras, bahan ini telah siap digunakan sebagai bahan lantai. 

Penerapan Gabus Cork sebagai lantai
Gabus cork yang telah melalui proses pengolahan dan siap digunakan dapat dipasang pada lantai dengan beberapa cara. Pada bagian terbawah, lantai diplester seperti saat akan memasang lantai keramik. Plester ini dihaluskan agar tidak terdapat bagian yang menonjol. Bagian yang menonjol akan merusak lapisan gabus cork. Selanjutnya, gabus cork yang berupa lembaran-lembaran direkatkan dengan perekat khusus gabus cork. Bagian atas gabus cork, difinishing agar mendapat hasil maksimal berupa lapisan permukaan yang bagus.

Kelebihan penerapan Gabus Cork pada lantai
· Tahan air dan jamur 
· Lebih lunak
· Nyaman di telapak kaki
· Mampu memantulkan cahaya dengan baik
· Daya serap gelombang bunyi yang baik
· Bersifat hangat
· Mampu menyerap panas ruangan saat siang dan melepaskannya lagi pada malam hari
· Warna alami

Kekurangan penerapan Gabus Cork pada lantai
· Daya tahan terhadap api kurang baik dibanding lantai keramik
· Masih sulit mendapatkan bahan ini karena kurangnya produsen gabus cork (bahan ini belum terkenal)
· Belum diketahui perawatan terbaik dalam jangka panjang
*  *  *  *  *  *  *  *  *


Berdasarkan produk tugas mata kuliah SEMINAR
Jurusan Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Diponegoro
Tim Penyusun:
Adiyasa Zidky Siswantoro
Alpraditia Malik
Nugroho Hari Respati
Septia Faril Lukman
Description: Gabus Cork Sebagai Bahan Lantai Rating: 4.5 Reviewer: Faril ItemReviewed: Gabus Cork Sebagai Bahan Lantai


.:: Artikel menarik lainnya ::.

9 komentar :

secangkir teh dan sekerat roti telah menulis...

kalo realnya bisa dicari ditoko bangunan gak..?
harganya kira2 berapa?

ashtho software easy telah menulis...

keren dech kayaknya lantainya pakai gabus cork....

Faril telah menulis...

secangkir teh dan sekerat roti:
itulah kekuarangan dari bahan gabus cork ini, yakni lumayan susah dicari di toko bangunan di Indonesia..
biasanya dapat dicari di toko bangunan online..silakan dicoba..

Ashtho software easy:
iya, selain lebih unik, gabus cork juga membuat lantai menjadi hangat dan mampu meredam (menyerap) gelombang bunyi.

penghuni60 telah menulis...

iya tuh, gimana kalo kena api?

Faril telah menulis...

Memang bahan gabus cork masih dalam proses penelitian agar dapat tahan api (mampu bertahan lama sebelum hangus terbakar).
karena itu, penggunaan gabus cork hanya sebagai dinding partisi di dalam rumah..saat terjadi kebakaran, api yang hendak keluar dari rumah akan tertahan oleh dinding bata.

Tapi kalau masalah api, sepertinya semua bahan juga akan rusak jika terbakar. Bahkan beton bertulang yang paling kuat pun bisa meleleh dan roboh. Buktinya, gedung bertingkat juga akan roboh saat terbakar dan tidak ada usaha pemadaman api.
Semua bahan akan musanh jika terbakar api. Yang penting adalah lamanya suatu bahan sebelum roboh karena terbakar. Pada masa itulah penghuni segera keluar dari bangunan yang terbakar sebelum bangunan tersebut roboh.

Monic Lin telah menulis...

kalau beli yang dalam bentuk cork (sumbat gabus botol) ada yang tau kah dimana lokasinya????thank you

Faril Lukman telah menulis...

itulah kekuarangan dari bahan gabus cork ini, yakni lumayan susah dicari di toko bangunan di Indonesia..
biasanya dapat dicari di toko bangunan online..silakan dicoba..

Faril Lukman telah menulis...

Memang bahan gabus cork masih dalam proses penelitian agar dapat tahan api (mampu bertahan lama sebelum hangus terbakar). Oleh karena itu, penggunaan gabus cork hanya sebagai dinding partisi di dalam rumah..Saat terjadi kebakaran, api yang akan menyebar keluar dari rumah akan tertahan oleh dinding bata. Untuk itulah penghuni di dalam rumah harus segera keluar.
Tapi kalau masalah api, sepertinya semua bahan juga akan rusak jika terbakar. Bahkan beton bertulang yang paling kuat pun bisa meleleh dan roboh. Buktinya, gedung bertingkat juga akan roboh saat terbakar. Semua bahan akan musnah jika terbakar api. Yang penting adalah lamanya suatu bahan sebelum roboh karena terbakar. Pada jangka waktu itulah penghuni segera keluar dari bangunan yang terbakar sebelum bangunan tersebut roboh.

Faril Lukman telah menulis...

coba hubungi contact ini:
* email : cbnbogor@gmail.com ; cipta_ nauli@ yahoo.com 
* HP : 087873790967 ; 082110067426 ; 085694606236 ; 082112003070 ; 082110077891 ; 0251-9235964 ; 0251- 8340937 
* Fax : 0251- 8340937 
* Alamat : Jln KH. Soleh Iskandar. Sekolah Bina Insani, No.13-14. Sukadamai, Kecamatan Tanah Sareal. Bogor, Indonesia 16165 

Tulis Komentar Anda di Sini...