Minggu, 10 Oktober 2010

Gabus Cork Sebagai Bahan Lantai


Gabus cork yang digunakan sebagai bahan lantai tidak sama dengan gabus-gabus yang digunakan sebagai wadah barang. Gabus ini lebih keras dan kuat, karena itu dapat digunakan sebagai tempat berpijak. Gabus cork berasal dari kulit kayu pohon ek. Pohon ek ini baru dapat dipanen kulit kayunya jika telah mencapai usia 20 tahun. Setelahnya, kulit kayu pohon ek masih dapat dipanen secara berulang setiap 9-10 tahun sekali hingga pohon tersebut berusia 200 tahun. Karena bisa dipanen berulang kali hingga 200 tahun, tentu gabus cork lebih ramah lingkungan dibandingkan dengan batangan kayu yang lain.
Gabus cork lebih efektif daripada lantai kayu maupun keramik karenadapat dipanen dari pohon yang sama selama 200 tahun sehingga dapat menghemat biaya dan juga mengurangi beban energi yang dikeluarkan untuk menghasilkan produk pabrikan tersebut. Gabus cork juga dapat menyerap panas dengan baik sehingga lantai tetap terasa hangat di siang dan malam hari. Pada siang hari, bahan ini menyerap panas ruangan sehingga dapat menurunkan suhu ruangan. Gabus cork memiliki sifat lunak, hangat, dan dapat meredam bunyi (menyerap gelombang bunyi/suara dengan baik). 

Spesifikasi Gabus Cork
· Lunak 
· Mampu meredam kebisingan 
· Ringan 
· Mampu menyerap panas (menjadi hangat)
· Tahan air 

Pengolahan Gabus Cork
Kulit kayu pohon ek mempunyai serat yang kasar sehingga dalam proses pembuatannya dapat menghasilkan sebuah bahan yang solid dan memiliki kerekatan kuat. Untuk lapisan terluarnya yang masih kasar, dihaluskan agar dapat dipakai sebagai tempat berpijak yang nyaman.
Dalam pengolahan, kulit kayu pohon ek dihaluskan (dihancurkan menjadi serpihan-serpihan) dan direbus di campuran cairan kimia. Hasil rebusan bubur-kulit-kayu dituang ke dalam cetakan untuk di pres. Setelah menjadi suatu bentuk, bubur tersebut didinginkan beberapa hari. Setalh dingin dan keras, bahan ini telah siap digunakan sebagai bahan lantai. 

Penerapan Gabus Cork sebagai lantai
Gabus cork yang telah melalui proses pengolahan dan siap digunakan dapat dipasang pada lantai dengan beberapa cara. Pada bagian terbawah, lantai diplester seperti saat akan memasang lantai keramik. Plester ini dihaluskan agar tidak terdapat bagian yang menonjol. Bagian yang menonjol akan merusak lapisan gabus cork. Selanjutnya, gabus cork yang berupa lembaran-lembaran direkatkan dengan perekat khusus gabus cork. Bagian atas gabus cork, difinishing agar mendapat hasil maksimal berupa lapisan permukaan yang bagus.

Kelebihan penerapan Gabus Cork pada lantai
· Tahan air dan jamur 
· Lebih lunak
· Nyaman di telapak kaki
· Mampu memantulkan cahaya dengan baik
· Daya serap gelombang bunyi yang baik
· Bersifat hangat
· Mampu menyerap panas ruangan saat siang dan melepaskannya lagi pada malam hari
· Warna alami

Kekurangan penerapan Gabus Cork pada lantai
· Daya tahan terhadap api kurang baik dibanding lantai keramik
· Masih sulit mendapatkan bahan ini karena kurangnya produsen gabus cork (bahan ini belum terkenal)
· Belum diketahui perawatan terbaik dalam jangka panjang
*  *  *  *  *  *  *  *  *


Berdasarkan produk tugas mata kuliah SEMINAR
Jurusan Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Diponegoro
Tim Penyusun:
Adiyasa Zidky Siswantoro
Alpraditia Malik
Nugroho Hari Respati
Septia Faril Lukman
Description: Gabus Cork Sebagai Bahan Lantai Rating: 4.5 Reviewer: Faril ItemReviewed: Gabus Cork Sebagai Bahan Lantai


.:: Artikel menarik lainnya ::.

9 komentar :

Tulis Komentar Anda di Sini...