Selasa, 05 Oktober 2010

Abbyy Fine Reader OCR 8.0 - Konversi Image Hasil Scan dan PDF Menjadi Teks Tulisan


Jika pada artikel sebelumnya saya telah membahas tentang aplikasi freeOCR yang dapat men-convert file image (biasanya hasil scan) menjadi tulisan (teks) sehingga dapat diedit menggunakan Microsoft Word, kali ini saya akan membahas sebuah aplikasi bernama Abby Fine Reader OCR 8.0 (profesional edition) yang jauh lebih kuat dalam mengubah hasil scan menjadi teks dibandingkan dengan aplikasi freeOCR.

Jika saat men-convert menggunakan freeOCR, kita sering mendapat kendala jika di dalam file image tersebut ada tabel ataupun gambar. Maka hasil convert dari tabel dan gambar akan berupa tulisan dan kode yang tidak jelas. Hal ini tidak terjadi bila men-convert file image menggunakan Abbyy Fine Reader 8.0 (profesional edition). Semua yang diconvert menggunakan aplikasi ini akan menjadi seperti apa yang terlihat dalam file image sumber. Bahkan, kita dapat menandai bagian mana yang ingin di-convert, sedangkan bagian yang lain tidak ikut ter-convert.
Jika free OCR hanya dapat men-convert file image berupa (.tiff, .bmp, .jpg, .gif, .png), Abbyy Fine Reader 8.0 (profesional edition) mampu men-convert lebih banyak tipe file. Selain file image yang dapat diconvert menggunakan free OCR, Abbyy Fine Reader 8.0 (profesional edition) juga dapat men-covert file dalam bentuk (.dcx, .pcx, .pdf) menjadi teks tulisan yang dapat di edit. Bahkan hasil convert dapat disimpan dalam beberapa bentuk file, seperti Microsoft Word, Microsoft Excel, Microsoft Powerpoint, e-mail pages, Clipboard, Web Browser, dan Adobe Reader (Acrobat).
Sebagai perbandingan hasil convert dari file image (biasanya hasil scan) menjadi tulisan (teks) antara freeOCR dan Abby Fine Reader, dapat dilihat pada gambar di bawah ini.
Men-convert menggunakan free OCR:


Men-convert menggunakan Abbyy Fine Reader 8.0 (profesional edition):
Dari kedua gambar di atas, dapat kita lihat perbedaan yang terjadi pada hasil convert, terutama pada gambar yang ada di dalamnya. Hasil convert menggunakan freeOCR akan berupa kode-kode yang tak jelas. Sedangkan hasil convert menggunakan Abbyy Reader OCR 8.0 akan tetap berupa gambar seperti gambar pada file aslinya.

Untuk menginstall aplikasi Abbyy Fine Reader 8.0 (profesional edition) ke dalam komputer, bacalah langkahnya pada file “Cara menginstall Abbyy Fine Reader 8.0 (profesional edition).txt” yang terdapat dalam paket unduhan beserta file ekstraktor dan crack-nya.

*  *  *  *  *  *  *  *  *
Download aplikasi Abbyy Fine Reader 8.0 (profesional edition) - 36,5 mb

*  * *  *  *  *  *  *  *

Spesifikasi Abbyy Fine Reader 8.0 (profesional edition):
OS - Windows
Lisensi - shareware (dalam paket unduhan sudah tersedia crack)
Hardisk - 95,7 mb free space
RAM – 47,1 mb free space

Artikel Terkait:
Description: Abbyy Fine Reader OCR 8.0 - Konversi Image Hasil Scan dan PDF Menjadi Teks Tulisan Rating: 4.5 Reviewer: Faril ItemReviewed: Abbyy Fine Reader OCR 8.0 - Konversi Image Hasil Scan dan PDF Menjadi Teks Tulisan


.:: Artikel menarik lainnya ::.

20 komentar :

Tulis Komentar Anda di Sini...