Jumat, 14 Oktober 2011

Screen Capture di Android OS (free)

Fungsi screen capture adalah untuk memotret tampilan pada layar. Dengan kata lain kita bisa menyimpan tampilan layar pada suatu momen dalam bentuk gambar. Jika di Windows 7 memiliki fitur Snipping Tool untuk meng-capture apa yang ada di tampilan layar pada suatu saat, maka di Android OS juga dapat melakukan fitur capture.
Sebenarnya fitur ini sudah ada pada android tanpa perlu penambahan aplikasi khusus. Caranya adalah dengan menahan tombol back, lalu tekan tombol home sebelum melepas tombol back (untuk beberapa gadget Samsung). Tetapi cara ini tidak dapat dilakukan pada beberapa tampilan, terutama untuk meng-capture tampilan suatu aplikasi yang sedang berjalan. Untuk menjawab permasalahan itu, maka terdapat aplikasi khusus untuk melakukan proses capture yang berfungsi lebih optimal, yakni Screen Capture Shortcut app (apk). Sedangkan untuk gadget Ice Cream Sandwich (ICS) cukup dengan menekan tombol power + volume down secara bebarengan dan tahan sebentar sampai muncul bunyi klik.
Aplikasi ScreenCaptureShortcut dapat diinstal pada handphone unroot (tidak perlu di-root) dan bersifat gratis (untuk versi pro, terdapat fitur tambahan shake to capture). Aplikasi dapat dijalankan melalui shortcut notifikasi. Setelah membuka notifikasi, klik tombol aktivasi screen capture, maka notifikasi akan otomatis tertutup dan layar langsung ter-capture.
Tombol aktivasi screen capture
Jika biasanya gambar akan ter-capture saat kita menekan tombol aktivasi, maka dengan aplikasi ini kita bisa mengatur berapa lama gambar akan ter-capture setelah kita menekan tombol aktivasi dengan jarak waktu jeda yang dapat kita atur sendiri. Dengan begitu, kita bisa meng-capture gambar saat layar tidak dapat menampilkan shortcut notifikasi. Ataupun saat kita ingin meng-capture tampilan notifikasi (saat tombol aktivasi ditekan, tampilan notifikasi akan otomatis tertutup. Kita perlu membukanya lagi sehingga dibutuhkan jeda waktu untuk membuka tampilan notifikasi. Oleh karena itu, fitur jeda waktu (delay time) akan sangat berguna).

Download Screen Capture melalui Android Market
Description: Screen Capture di Android OS (free) Rating: 4.5 Reviewer: Faril ItemReviewed: Screen Capture di Android OS (free)


.:: Artikel menarik lainnya ::.

1 komentar :

Tulis Komentar Anda di Sini...