Minggu, 27 Juni 2010

Al Qur'an Digital dan terjemahan ke dalam bahasa Indonesia


Seperti kita ketahui bahwa membaca Al Qur'an tidak hanya melafadzkan bahasa Arabnya saja, tetapi harus dipahami dan diresapi hingga artinya agar kita (umat Islam) dapat menjalankan amalan di dalamnya. Untuk itu, bagi orang-orang yang tidak paham bahasa Arab haruslah membaca sebuah Al Qur'an beserta terjemahan ke dalam bahasa yang dimengertinya.
Ketika perkembangan zaman telah beralih ke dunia digital, maka Al Qur'an juga perlu berkembang di dalam dunia itu. Maka dibuatlah sebuah program yang berisi seluruh ayat di dalam Al Qur'an (dalam bahasa dan tulisan Arab) beserta terjemahan dan penjelasannya dalam bahasa Indonesia. Selain mengikuti perkembangan teknologi, hal ini juga merupakan jawaban bagi sebagian kalangan yang menginginkan suatu kepraktisan (program ini tidak perlu dibeli dan dirawat seperti jika berbentuk sebuah buku).

Program Al Qur'an Digital dan terjemahan bahasa Indonesia ini berbentuk aplikasi portable dan bersifat gratis (freeware). Bentuk file-nya berupa .chm sehingga sangat kecil dan tidak menghabiskan banyak memori di hardisk komputer.
Program Al Qur'an Digital (versi terjemahan ke dalam bahasa Indonesia) ini berisi banyak menu yang akan memudahkan bagi pembacanya. Beberapa di antaranya adalah:
1. Daftar isi surat dan juz

2. Index kandungan Al Qur'an

3. Pembukaan sebuah surat (berisi garis besar dan penjelasan surat)

4. Ayat dalam tulisan Arab dan terjemahan dalam bahasa Indonesia
5. Penjelasan terjemahan

6. Adanya fasilitas "Search" untuk mempermudah mencari kata dalam Al Qur'an.


Untuk dapat menggunakannya, ektrak file rar yang telah di unduh, buka folder tersebut, klik file bernama "Al Quran.chm".
Semoga bermanfaat bagi Anda semua.

*  *  *  *  *  *  *  *  *
Download "Al Qur'an dan terjemahan Bahasa Indonesia" - 1,08 mb
*  *  *  *  *  *  *  *  *
Untuk menjalankan aplikasi ini, ekstrak file menggunakan Winrar (download WinRar)  

Spesifikasi Al Qur'an Digital:
Lisensi -freeware
RAM - 9 mb free space
Harddisk - 9,68 free space
Description: Al Qur'an Digital dan terjemahan ke dalam bahasa Indonesia Rating: 4.5 Reviewer: Faril ItemReviewed: Al Qur'an Digital dan terjemahan ke dalam bahasa Indonesia


.:: Artikel menarik lainnya ::.

5 komentar :

dol telah menulis...

alhamdulillah..thx sob

yuliani indri lestari telah menulis...

alhamdulillah... mksh sobat... sy download ya :D

Faril telah menulis...

Semua: sama2..semoga kita makin mengamalkan amalan yang ada dalam Al Qur'an..
Silakan didownload dan disebarkan pada saudara2 yang lain karena hak cipta milik Allah SWT. sehingga kita tidak perlu khawatir akan dituntut karena menyebarkannya..
Maju terus Islam...

Anonim telah menulis...

trm kasih banyak teman,ini sangat berarti sekali buat menambah keimanan

Faril telah menulis...

Terimakasih juga telah berkunjung dan memberi komentar..Silakan mengunduh file Al Qur'an dan terjemahan ini..Dibagikan pada teman juga boleh

Tulis Komentar Anda di Sini...