Selasa, 29 Juni 2010

Klenteng Gang Lombok Semarang



Nama asli klenteng ini adalah Klenteng Tay Kak Sie, atau yang berarti “kesadaran” dalam bahasa China. Selesai dibangun pada tahun 1772 dan terletak di jalan Gang Lombok. Oleh sebab itu Klenteng ini juga akrab disebut Klenteng Gang Lombok. Klenteng Tay Kak Sie terdapat di kawasan Pecinan Semarang. Di sisi kiri jalan mengalir air dari Kali Semarang, sedangkan si sisi kanannya, berjejer para pedagang makanan khas Gang Lombok. Di seberang klenteng terdapat replika kapal Cheng Ho yang ‘berlabuh’ ditepian Kali Semarang. Replika kapal baru selesai dibuat pada bulan Agustus tahun 2007.




Bentuk klenteng tetap dipertahankan seperti aslinya sejak selesai dibangun tahun 1772 hingga sekarang. Begitu pun dengan perlengkapan klenteng yang kebanyakan didatangkan langsung dari negeri Tiongkok. klenteng beberapa kali direnovasi untuk memperbaiki bagian-bagian yang rusak dan mempercantik bagian-bagiannya. Pada tahun 1845, dengan dana yang dikumpulkan dari sumbangan masyarakat, dilakukan pemugaran Tay Kak Sie sekaligus mendirikan Kong Tik Su (rumah abu) di samping klenteng. Klenteng ini merupakan rumah peribadatan bagi umat tridharma, yaitu Kong Hu Cu, Buddha dan Taoisme.




*  *  *  *  *  *  *  *  *

Berdasarkan produk tugas mata kuliah PELESTARIAN ARSITEKTUR
Jurusan Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Diponegoro
Tim Penyusun:
Putu Andika Mahayana
Thasya Ayu Ningtyas
Yoshua
Zaim Shilha Hanifa Description: Klenteng Gang Lombok Semarang Rating: 4.5 Reviewer: Faril ItemReviewed: Klenteng Gang Lombok Semarang


.:: Artikel menarik lainnya ::.

3 komentar :

Tulis Komentar Anda di Sini...