Minggu, 14 November 2010

Khan Shatyr - Bangunan Berstruktur Kabel di Astana, Kazakhstan


Nama: Khan Shatyr Entertainment Centre
Lokasi: Astana, Kazakhstan
Awal Pembangunan: 2006
Peresmian: 2009
Arsitek: Foster Partners
Arsitek Lokal: Linea Tusavul Architecture, Gultekin Architecture
Konsultan: Buro Happold, Charles Funke Associates, Claude Engle, ALKAS Consulting, Istanbul Technical University
Mechanical Engineer: Vemeks Engineering Ltd
Electrical Engineer: HB Teknik


Khan Shatyr merupakan sebuah bangunan dengan atap menggunakan struktur kabel dan membran (tenda). Bangunan ini berada di pusat Kota Astana, ibukota Kazakhstan, dan telah diresmikan pembukaannya oleh Presiden Kazakhstan, Nursultan Nazarbayev, pada tanggal 9 Desember. Khan Shatyr diklaim sebagai tenda tertinggi di dunia dengan ketinggian mencapai 150 meter di atas permukaan tanah. Interior bangunan direncanakan dan dirancang sedemikian rupa sehingga suasana di dalam bangunan terasa seperti alam terbuka, termasuk suhu dan nuansanya.
Maket Khan Shatyr

Fungsi utama dari Khan Shatyr adalah sebagai pusat berbagai macam kegiatan untuk memenuhi kebutuhan waga Kazakhstan. Di dalamnya terdapat berbagai fasilitas buatan, seperti adanya pantai buatan dan sungai buatan sehingga saat berada di dalam bangunan Khan Shatyr, pengunjung akan merasa berada di pantai yang sesungguhnya. Beberapa fungsi bangunan antara lain sebagai taman skala kota, ruang rekreasi indoor, pusat komersial dan perbelanjaan, mini golf, olahraga arung jeram, dan resort. Semua fasilitas tersebut berada di dalam bangunan Khan Shatyr dengan memanfaatkan fasilitas buatan.

Taman di dalam bangunan

SPESIFIKASI BANGUNAN
Bangunan Khan Shatyr dapat dikelompokkan berdasarkan bentuknya menjadi dua bagian, bangunan bagian bawah dan bangunan bagian atas. Bangunan bagian bawah memiliki bentuk dasar berupa elips yang memanjang ke arah belakang dengan diameter terpanjang mencapai 200 meter. Lantai dasar memiliki luas sebesar 100.000 m2 (lebih dari 10 kali luas lapangan sepak bola) dengan atap berupa beton. Di dalamnya terdapat beberapa fasilitas seperti pertokoan, hypermarket, dan bioskop.
Gambar potongan Khan Shatyr
Bangunan bagian atas merupakan bangunan utama dengan atap berupa membran-transparan dengan ketinggian penyangga membran hingga 150 meter dari permukaan tanah. Posisinya tepat berada di atas bangunan-bagian-bawah. Fasilitas yang ada di bagian ini adalah kids playground dan sungai buatan, minigolf dan taman, taman, restoran, kolam renang dan pantai buatan, spa dan fitness center, serta sebuah area di ketinggian untuk melihat pemandangan di dalam bangunan Khan Shatyr.


Suasana interior Khan Shatry bagian pantai buatan
Di dalam ruangan, terdapat beberapa lampu sorot berwarna-warni yang mengarah ke membran sehingga tampak bahwa membran tersebut berpendar sesuai dengan warna lampu sorot. Pemandangan ini menjadi daya tarik sendiri untuk melihat bangunan Khan Shatyr dari luar pada malam hari (view to site).

Pemandangan Khan Shatyr pada malam hari
STRUKTUR ATAP
Atap Khan Shatyr menggunakan bahan membran yang disebut ETFE. Membran ini ditopang menggunakan struktur berupa jaringan kabel. Bahan membran yang transparan memungkinkan sinar dan cahaya matahari dapat masuk ke dalam bangunan sehingga menciptakan suasana di dalam bangunan serasa seperti alam terbuka, terutama untuk fasilitas pantai buatan dan minigolf. Sinar matahari yang masuk dan pengaruh suhu dari luar akan menyebabkan ruangan di dalam bangunan menjadi panas. Untuk menjaga suhu udara di dalam bangunan Khan Shatyr agar tidak menjadi panas, terdapat peralatan pengontrol suhu yang akan menjaga suhu di dalam bangunan tetap berada di kisaran 15-30 °C. Alat tersebut juga dapat mengatur sirkulasi udara dari luar bangunan ke dalam bangunan maupun sebaliknya. Sedangkan di dalam ruang pertokoan, suhu dijaga dalam kisaran 19-24 °C.
Membran Khan Shatyr telihat memancarkan banyak warna
Rangka penunjang atap
*  *  *  *  *  *  *  *  *

Disusun ulang oleh:
Septia Faril Lukman
Mahasiswa Jurusan Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Diponegoro
e-mail: unfinished_tales@yahoo.co.id

Berdasarkan produk tugas mata kuliah STRUKTUR DAN KONSTRUKSI 6
Jurusan Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Diponegoro
Tim Penyusun:
Adiyasa Zidky Siswantoro (maket)
Alpraditia Malik (maket)
Angelina Dyah E.R. (maket)
Bayu Bramantya (maket)
Denny Irwan Aryadi (paper dan maket)
Dhimas Bagus Putranto (paper dan maket)
Gardian Yusti Nagara (maket)
Gerardus Rangga U. (maket)
Lillahi Asyrotul Akhiroh (paper dan maket)
Mira Berliani  (paper dan maket)
Muhammad Deni Nusantara (maket)
Nadya Victoryka (paper dan maket)
Nindya Kirana Putri (paper dan maket)
Novia Mahmuda  (paper dan maket)
Pramatya Arilidiawan (paper dan maket)
Septia Faril Lukman (maket)

Maket Khan Shatyr
Sumber:
Description: Khan Shatyr - Bangunan Berstruktur Kabel di Astana, Kazakhstan Rating: 4.5 Reviewer: Faril ItemReviewed: Khan Shatyr - Bangunan Berstruktur Kabel di Astana, Kazakhstan


.:: Artikel menarik lainnya ::.

6 komentar :

Sitemap tanpa Script telah menulis...

keren banget ya.. hmm.. wah ada judul semarang dalam kenangan jadi inget waktu di sumur boto :D

KUNNNNNNNNNNNNNNNNNNN telah menulis...

wee kalau beneran jadi mau lihat hasilnya gimana . . .

Faril telah menulis...

Se7enTime: Bangunan Khan Shatyr memang sudah selesai dibangun dan diresmikan pada tahun 2009..
Beberapa gambar di atas ada yang berupa gambar desain rencana.. Beberapa gambar Khan Shatyr yang lain (bagian interior) adalah foto setelah bangunan struktur membran (tenda) ini jadi..

Artta telah menulis...

Desain arsitektur yang luar biasa sob . . .
Inovatif.

Salam . . .

akhdyo telah menulis...

desain yang futuristik dan menawan terkesan modern tapi tetap bernuansa alam, pasti mahal itu buat mmebangunnya.

Faril Lukman telah menulis...

Bangunan Khan Shatyr memang sudah selesai dibangun dan diresmikan pada tahun 2009..
Beberapa gambar di atas ada yang berupa gambar desain rencana.. Beberapa gambar Khan Shatyr yang lain (bagian interior) adalah foto setelah bangunan struktur membran (tenda) ini jadi..

Tulis Komentar Anda di Sini...