Sabtu, 13 November 2010

Mengubah File Word Menjadi PDF

Anda pasti sudah sering menggunakan aplikasi Microsoft Office 2007 untuk berbagai keperluan penulisan, baik itu Microsoft Word, Powerpoint ataupun Excel. Saat menyimpan file tersebut, maka aplikasi Microsoft Office akan menyimpannya dalam format tertentu. Sebagai contoh, Microsoft Word akan menyimpan file dalam format *.docx (format Word 2007) atau dalam format *.doc (format Word 2003). Kedua format tersebut akan menghasilkan sebuah file dengan ukuran cukup besar, terlebih format yang disebut terakhir.
Akan tetapi, terkadang Anda pasti membutuhkan sebuah file dengan ukuran yang kecil untuk berbagai keperluan, diantaranya untuk dikirim melalui e-mail ataupun untuk menghemat kapasitas harddisk. Sebagai contoh, Anda ingin mengirimkan laporan kerja yang berberbentuk Word (*.doc) via e-mail, tetapi ingin proses pengiriman berjalan lebih cepat dengan cara mengirim file berukuran kecil. Untuk keperluan itu, format PDF menjadi pilihan utama sebagai format penyimpanan sebuah file karena format ini paling sering digunakan dan dapat dibuka dengan berbagai aplikasi, serta memiliki ukuran relatif kecil.

Untuk mengubah file Word ke dalam format PDF, Anda tidak bisa melakukannya secara langsung menggunakan aplikasi Microsoft Word biasa. Untuk keperluan convert file word menjadi PDF, aplikasi Microsoft Office  harus memiliki sebuah plug-in (add-ins) khusus untuk mengubah file menjadi berbentuk PDF, yakni plug-in "saveasPDF". Plug-in (add-ins) telah disediakan oleh pihak Microsoft secara gratis (freeware).
Untuk menggunakannya, Anda cukup menginstal plug-in "saveasPDF" ini ke dalam komputer (dengan catatan, komputer tersebut telah terinstal aplikasi Microsoft Office). Kemudian, untuk menyimpan file ke dalam format PDF, pilih menu file-save as-PDForXPS. Menu tersebut dapat Anda lihat melalui gambar berikut.

Setalah menekan tombol "save", maka aplikasi Microsoft Office akan menyimpan file yang telah Anda buat ke dalam format PDF dengan ukuran yang tentunya lebih kecil dari format *.docx. Untuk membaca format ini, Anda dapat menggunakan berbagai aplikasi semacam Adobe Reader atau MartView.
Jika ingin mengubah file berformat PDF menjadi file berformat word (*.docx atau *.doc), Anda dapat menggunakan aplikasi Abby Fine Reader OCR 8.0 (profesional edition) atau aplikasi freeOCR atau aplikasi AnyBizSoft.

*  *  *  *  *  *  *  *  *
Download plug-in (add-ins) Microsoft Office "saveasPDF" - 512 kb

Download plug-in (add-ins) Microsoft Office "saveasXPS" - 489 kb
Description: Mengubah File Word Menjadi PDF Rating: 4.5 Reviewer: Faril ItemReviewed: Mengubah File Word Menjadi PDF


.:: Artikel menarik lainnya ::.

8 komentar :

Yafiz telah menulis...

Nice share! Kalau di Office 2010, sudah ada save as pdf-nya. Yang aku sering kesulitan mengkonversi pdf ke doc atau docx, selalu hasilnya amburadul....ada yg bia bantu?

Faril telah menulis...

kenapa Anda tidak membaca secara perlahan artikel ini hingga bagian akhir??
di bagian akhir sudah saya sediakan link untuk membaca artikel tentang konversi pdf ke word yang isinya berupa aplikasi converter pdf ke word..
Mohon artikel ini dibaca dengan benar HINGGA AKHIR..

tiwi telah menulis...

pagi Faril...tnx 4 the information..sukses sll u studinya..!tq....

retnet telah menulis...

info mantab bro, banyak jalan menuju roma :D

riia telah menulis...

tengggggssss bgt :)

Faril Lukman telah menulis...

di bagian akhir artikel sudah saya sertakan link untuk membaca review/tutorial mengubah pdf menjadi doc atau docx beserta aplikasi yang dapat digunakan. silakan dibaca hingga akhir artikel..

Anastasya febiola telah menulis...

Lagi-lagi sangat menolong. Terima kasih :D

elunk telah menulis...

thanks mas broooo,,,,,

Tulis Komentar Anda di Sini...