Minggu, 02 Januari 2011

Kisho Kurokawa - Pencetus Gerakan Metabolisme Dalam Arsitektur


Kisho Kurokawa adalah seorang arsitek yang menganut aliran metabolisme (sub kategori dari aliran arsitektur modern) dalam ilmu arsitektur. Karya arsitektur yang dihasilkannya berupa bangunan dengan konsep dan filosofi yang terinspirasi dari bagian tubuh mahkluk hidup. Sebagai contoh hasil karya Kisho Kurokawa adalah bangunan Takara Beautilion, sebuah pavilun untuk penyelenggaraan Expo pada tahun 1970-an.
PENDIDIKAN
Kisho Kurokawa lahir di Kanie, Aichi, prefektur Nagoya, Jepang, pada tahun 1934. Kurokawa mulai mempelajari ilmu arsitektur di Universita Kyoto hingga lulus dengan gelar sarjana pada tahun 1957. Beliau melanjutkan studi S2 di universitas yang sama setelah lulus dari jenjang S1. Selama proses pembelajaran di tingkat S2, seorang maestro arsitektur dari Jepang menjadi pembimbingnya, yakni Kenzo Tange. Pada tahun 1959, Kurokawa berhasil meraih gelar master di bidang arsitektur. Semangat belajarnya dilanjutkan dengan masuk ke jenjang doktorat bidang filsafat arsitektur. Namun, gelar doktor tidak dapat diraihnya karena keluar dari jenjang tersebut pada tahun 1964.

KELUARGA
Kisho Kurokawa mengalami masa pernikahan sebanyak dua kali. Dari perkawinan pertama, beliau dianugerahi seorang putri, Potter Kako Matsuura, dan seorang putra, Mikio (bekerja sebagai fotografer).  Dalam perkawinan kedua, beliau menikahi seorang aktris Jepang, Ayako Wakao.
Kurokawa meninggal karena gagal jantung pada 12 Oktober 2007, dalam usia 73 tahun.

KARYA
Bersama arsitek-Jepang lain, Kisho Kurokawa mewujudkan gerakan metabolisme, yakni sebuah aliran arsitektur dari langgam arsitektur modern. Gerakan ini mulai muncul dan dikembangkan sejak tahun 1960, setahun setelah beliau memperoleh gelar master arsitektur. Ciri utama bangunan dalam aliran ini adalah bentuknya yang menyerupai bagian tubuh mahkluk hidup. Aliran ini berusaha menggabungkan dan menyempurnakan berbagai aliran arsitektur yang ada di Asia.
Berdasarkan bentuk bangunan yang menyerupai bagian tubuh mahkluk hidup, dapat dikatakan bahwa aliran metabolisme memandang fungsi bangunan bukan hanya dari sisi teknis saja, tetapi juga menyangkut perihal kehidupan dan alam di sekitar sehingga antara bangunan dan alam sekitar terjadi hubungan tibal-balik yang saling menguntungkan (simbiosis mutualisme).
Sebagai contoh adalah bangunanTakara Beautilion dan Nakagin Capsule Tower. Kedua bangunan tersbut mengambil inspirasi dari bentuk sel tumbuhan berupa kotak-kotak dan membentuk jaringan.
Takara Beautilion
Nakagin Capsule Tower

Pada usia 436 tahun (1971), Kisho Kurokawa telah merancang sejumlah besar bangunan di negara Jepang, termasuk diantaranya adalah tiga pavilion pada expo 1970 dan dua buah kota baru. Beliau adalah pendiri  perusahaan konsultan Kisho Kurokawa Architect & Associates yang dibentuk pada tanggal 8 April 1962. Selain sebagai pendiri, Kisho Kurokawa juga menjabat sebagai presiden di perusahaan tersebut. isho Kurokawa Architect & Associates memiliki kantor pusat di Tokyo dan beberapa kantor cabang di Osaka, Nagoya, Astana, Kuala Lumpur, Beijing dan Los Angeles.

*  *  *  *  *  *  *  *  *
Disusun ulang oleh:
Septia Faril Lukman
Mahasiswa Jurusan Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Diponegoro

Sumber:
Description: Kisho Kurokawa - Pencetus Gerakan Metabolisme Dalam Arsitektur Rating: 4.5 Reviewer: Faril ItemReviewed: Kisho Kurokawa - Pencetus Gerakan Metabolisme Dalam Arsitektur


.:: Artikel menarik lainnya ::.

6 komentar :

Nyayu Amibae telah menulis...

datang lagi ke blog calon arsitek yg kereeen!!!

"metabolisme", hmm... dulu pernah juga denger2 dari teman2 arsitek...

Dulu ada cita2 kuliah arsitek juga, tapi karena aku mesti pilih antara 2, teknik kimia atau teknik arsitek? ya akhirnya aku pilih teknik kimia... dan bye tuk dunia arsitek.. walau kadang masih juga sering numpang mangkal di studio arsitek.. hehehe

Dimas telah menulis...

orang pinter tuh yah..bisa bikin gituan

irawanarchitect telah menulis...

mantap mas..apalagi misal boleh usul selain cerita tentang pemikiran arsitek dari luar kita juga cerita tentang arsitek lokal kita sendiri (seperti pak josef, pak eko, dst.) dan menilainya apakah dalam proses kerjanya sudah sesuai dengan alam lingkungan atau justru merusak alam. terima kasih

Faril telah menulis...

Nyanyu Amibae: yg keren itu blog'nya ato calon arsiteknya?hoho

Dimas: ya begitulah

Faril telah menulis...

Isetyabudi: iya,saya ada rencana ke depan untuk membahas arsitek lokal. Akan saya mulai dari dosen saya seperti prof. Eko Budihardjo,prof Totok Roesmanto,prof Eddy Dharmawan.
Lalu arsitek yg pernah saya temui seperti pak Baskoro Tedjo,pak Eko Prawoto.Dilanjutkan arsitek lain,semisal Romomangun,Soekarno,dll.

Kisho Kurokawa jadi yg pertama karena bnyk yg googling dgn keyword 'kisho kurokawa',hahay

btw,untk me-review apakah karya mereka sudah sesuai dgn kondisi alam,akan saya usahakan sebaik mungkin.

Tupi_rafima telah menulis...

tau nggak buku yang kira-kira bahas tentang arsitektur metabolisme
tlong kring ke email tupi_rafima@yahoo.co.id  ^-^

Tulis Komentar Anda di Sini...