Minggu, 09 Januari 2011

Malioboro Sebagai Sumber Kenangan


Ruang merupakan wadah dari berbagai aktifitas pelakunya. Ruang ini, dapat memberikan suatu kenangan tersendiri bagi pelaku ruang yang ada apabila dalam suatu setting ruang dan waktu tertentu terjadi aktifitas yang digambarkan sebagai suatu peristiwa yang unik dan menarik bagi para pelaku ruang. 
Cepat atau lambat, setiap pengunjung atau turis yang berada di Jogja pasti akan mengunjungi Malioboro, sebuah ruas jalan di tengah kota yang sarat dengan penjual beragam souvenir dan makanan yang disajikan lesehan di malam hari. Menelusuri ruas jalan ini setelah tidak berkunjung selama beberapa tahun sepertinya membangunkan kenangan tersendiri yang menyenangkan.

*  *  *  *  *  *  *
Suasana Malioboro seakan tidak berubah dari tahun ke tahun; penjaja souvenir, pedagang lesehan, pengamen, tukang becak, andong, masih tetap sama. Dari sisi tampilan kota, mungkin yang sedikit berubah sekarang adalah adanya beberapa halte trans Jogjakarta untuk memenuhi kebutuhan transportasi di sekitar Malioboro. 
Malioboro juga menawarkan beragam hiburan dan merupakan ruang terbuka murah bagi masyarakat Jogja. Di sana, akan terlihat banyak kelompok anak muda berkumpul dan melakukan berbagai atarksi, seperti melakukan atraksi kebolehan berakrobat menggunakan sepeda-sepeda mereka ataupun sebuah acara Band tampak cukup ramai menyedot perhatian anak muda Jogja. 

Di sudut lain, menghabiskan sebagian malam di Malioboro tetap menawarkan suasana santai yang dapat menurunkan “ritme” tubuh yang sehari-hari sibuk dengan beragam kegiatan. Sambil ditemani hangatnya wedang Jahe atau makan lesehan, menghabiskan sebagian malam di Malioboro tetap menawarkan suasana santai khas Jogja yang menyenangkan. 
Lokasi dan aktifitas yang telah membangun kenangan antara lain Stasiun Tugu dengan kemacetannya, objek-objek fisik sepanjang kawasan Malioboro dari Stasiun Tugu sampai Keraton, termasuk sitting-group di depan benteng. 

Di dalam lokasi-lokasi tersebut terjadi aktifitas-aktifitas yang merupakan hasil interaksi dari pelaku ruang dengan ruang itu sendiri yang membentuk setting ruang dan waktu. Hal ini menimbulkan keunikan dan kekhasan yang menciptakan suatu kenangan tersendiri, yang diingat oleh para pelakunya. 
Beberapa pelaku ruang mendapatkan sebuah kenangan yang merupakan kenangan atas kejadian tertentu yang menjadi pengalaman menarik atau mengesankan bagi pelaku itu sendiri dalam sebuah setting ruang dan waktu. 
“…..Oh, dulu waktu mau ke Malioboro sama pacar, saya pernah tabrakan di depan Stasiun Tugu. Waktu itu jalannya macet, jadi saya sama pacar saya jatuh di situ. Jadi, kalau ke Malioboro kalau nglewatin Stasiun Tugu selalu ingat kejadian itu….”(Diana, Ibu rumah tangga, Klaten)
“….(adakah memori yang terbangun?)… Ada, Marakke mumet mbak, aku tugase tugase dapat Malioboro kan harus ngapalin dari sana (menunjuk Stasiun Tugu) sampai sana (menunjuk Keraton)…..”,  (Wisna, pelajar, Jogjakarta)
“……..Pernah di Malioboro nyasar. Akhirnya muter-muter di sini (di kawasan Malioboro-red). Nyasar tapi seneng. Nyasar tapi tetep ingin balik ke sini lagi. Terus juga pernah digataki sama pengamen-pengamen waktu foto buku tahunan……” (Sisil, pelajar, Jogjakarta)
Pelaku ruang lain mendapatkan kenangan atas interaksinya dengan setting ruang dan interaksinya dengan pelaku ruang lain dalam suatu setting ruang dan waktu. Interaksi ini menciptakan sebuah pola aktifitas yang khas dan unik yang selalu diingat oleh para pelakunya. 
“…(Ada nggak sih kenangan di tempat-tempat favorit tadi?)…Sebetulnya ada banyak dari duduk-duduk itu (menunjuk sitting-group di depan benteng), Biasanya kan kalau kita cowok-cowok bergerombol, Kadang ada juga cewek-cewek yang bergerombol gitu kan, Jadi saling bisa kadang-kadang kenalan jadi temen kan sampai sekarang….”. (Ardit, Alumnus UGM, Semarang)
"Waktu di malioboro..saya pengen beli wayang satu set tapi yang mini, sayangnya gak kesampean...hihihi" (Dimas, blogger)
Kemampuan setting ruang kawasan Malioboro ini dalam membentuk kenangan terbentuk karena adanya interaksi antara pelaku dalam suatu setting ruang yang sangat berkesan bagi pelakunya. kenangan yang terbangun ini dapat terjadi karena, (i) interaksi antara pelaku ruang dengan suatu setting ruang yang menghasilkan suatu kejadian yang menjadi pengalaman menarik atau mengesankan bagi pelakunya. Atau karena (ii) hasil interaksi pelaku dengan setting ruang maupun pelaku ruang lainnya dalam suatu setting ruang yang menimbulkan kenangan tak terlupakan. Kenangan yang telah terbangun ini menjadi suatu kenangan yang tak dapat dilupakan oleh pelakunya, termasuk suasana dan kondisi situasi ruang waktu itu. Hal ini membuat pelaku memiliki keinginan untuk kembali ke ruang atau tempat tersebut, dengan tujuan untuk membangun kenangan baru, atau hanya sekedar untuk mengingat kejadian yang telah lalu tersebut.

*  *  *  *  *  *  *  *  *
Disusun berdasarkan mata kuliah PERILAKU DALAM ARSITEKTUR
Jurusan Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Diponegoro
Tim Penyusun:
Dhimas Bagus Putranto
Lillahi Asyrotul Akhiroh
Mia Hijriah
Nindya Kirana Putri
Novia Mahmuda
Description: Malioboro Sebagai Sumber Kenangan Rating: 4.5 Reviewer: Faril ItemReviewed: Malioboro Sebagai Sumber Kenangan


.:: Artikel menarik lainnya ::.

11 komentar :

Unknown telah menulis...

Salam sahabat.jadi pingin ke malioboro Lagi memang bisa menjadikan submber mkenangan .oh Iya Tata bahasa yg bagaimana Mas?saya memang begitu dalam penulisannya toh memang tiap orang punya Gaya bahasa sendiri ya Kalo begitu saya minta maaf

Dimas telah menulis...

saya mau tambah kenangan ...
"waktu di malioboro..saya pengen beli wayang satu set tapi yang mini,sayangnya gak kesampean...hihihi"

naik delman juga..di sana namanya andong yah??
hehehe..

tiwi telah menulis...

wuaahhh, malioboro, jogja, kota dg kenangan sm mantan pacar, alias misua wkwkkwk. Faril..aku jd pengen ke jogja lg...huhu

Qefy telah menulis...

Saya pernah kesana waktu SMA, hehe. Kenanganku disana hanya beli baju dan jalan2 kekeraton itu :D

Frzhrdynt telah menulis...

Saya juga pernah kesana tapi dulu.... sepertinya disana sangat indah tapi sekarang sama gak ya? :(

Faril telah menulis...

Dhana: iya, banyak orang yang memiliki kenangan di Malioboro karena kondisi Malioboro yang sangat khas dan melekat di hati. Sama seperti halnya di pantai Kuta

Dimas: kenanganmu tak masukan ke artikel ya?! hohoo

Tiwi: wah, asyik ya kalo nginget kenangan sama mantan pacar,,hahay

Qefy: terasa mengesankan nggak kenanganmu??

Farix: sekarang sudah semakin berjubel, ditambah adanya halte bus transYogyakarta, makin ramai dan semrawut lah. Tapi dengan "kesemrawutan" itu, pengunjung makin merasa terkesan dan betah. sebuah anomali yang menentang hukum "kepadatan/density dan kesesakan/crowded"

Faril Lukman telah menulis...

iya, banyak orang yang memiliki kenangan di Malioboro karena kondisi Malioboro yang khas dan sulit dilupakan dari ingatan. 

Faril Lukman telah menulis...

kenanganmu tak masukan ke artikel ya?! hahay

Faril Lukman telah menulis...

Wah, asyik ya kalau mengingat kenangan dengan mantan pacar.

Faril Lukman telah menulis...

Kenangan itu terasa menyenangkan dan sulit dilupa nggak?

Faril Lukman telah menulis...

Sekarang (tahun 2010) sudah semakin padat dan sesak. Apalagi ada halte bus transYogyakarta, kondisinya semakin sesak dengan kendaraan. Pengunjung juga sangat banyak hingga terasa penuh dan ramai.
Tapi dengan "kepadatan" itu, pengunjung semaki merasa terkesan pada kondisinya dan juga merasa betah berlama-lama di Malioboro. Sebuah anomali yang menentang hukum "kepadatan/density dan kesesakan/crowded".

Tulis Komentar Anda di Sini...