Rabu, 11 Januari 2012

Twidroyd for Android (versi UberSocial)


Salah satu twitter-client yang banyak digunakan pengguna Android adalah Twidroyd. Awalnya apps ini bernama Twidroyd Legacy, lalu dibeli oleh UberSocial dan berganti nama menjadi Twidroyd for Android. Saat ini, Twidroyd telah dihapus dari Android Market dan digantikan oleh UberSocial for Android. Meski telah dihapus, aplikasi ini saya rekomendasikan sebagai salah satu alternatif twitter-client yang memuaskan.

Apps ini sebenarnya memiliki tampilan iklan, tetapi kita bisa menghilangkan iklan yang ditampilkan sehingga kita tak terganggu dengan munculnya iklan. Tentu saja hal ini dapat menghemat kuota pemakaian data internet.
Beberapa fitur yang ada dibagi menjadi dua bagian, yakni basic dan optional. Fitur yang terdapat pada BASIC tidak dapat disembunyikan dari tampilan utama, sedangkan yang termasuk OPTIONAL dapat ditayangkan atau disembunyikan dari tampilan utama.

TIME LINE
Berisi tweet dari orang-orang yang telah kita follow (di dalam Twidroyd disebut "friend").
MENTION
Berisi tweet yang ditujukan kepada kita.
DIRECT MESSAGES
Berisi surat elektronik (pesan yang hanya diketahui oleh pengirim dan penerima saja) yang dikirimkan ke akun kita.
NEW TWEET
Untuk membuat tweet baru.

Untuk mengatur menu tambahan ditampilkan atau tidak, klik MENU > CUSTOMIZE UBERBAR, lalu pilih menu yang ingin ditampilkan atau disembunyikan. Tanda centang (cek) berarti ditampilkan.
Menu Twidroyd
SEARCH
Fitur untuk mencari orang menggunakan kunci nickname.
DEALBOX (iklan) - hilangkan tanda centang agar tidak muncul di tampilan
Berisi iklan dari developer yang berada di sekitar lokasi kita. Jika fitur ini kita non-aktif kan (kita matikan - hilangkan tanda centangya), maka tak akan ada iklan yang masuk sehingga kita tak terganggu oleh adanya iklan.
CHANNELS (iklan) - hilangkan tanda centang agar tidak muncul di tampilan
Hampir sama dengan fitur dealbox di atas.
Untuk menghilangkan iklan di DEALBOX dan CHANNELS, klik tombol MENU > CUSTOMIZE UBERBAR. Lalu hilangkan tanda centang pada Dealbox dan Channels.
TRENDS
Kata-kata atau hastags yang populer/sering digunakan pada saat itu
NEARBY TWEETS
Berisi tweet dari orang-orang yang berada dekat dengan posisi kita (biasanya memanfaatkan fitur lokasi, wi-fi, atau GPS). Biasanya tweet dari pengguna twitter di dalam wilayah kota.
RETWEETS
Berisi tweet orang lain yang telah kita retweet (tweet ulang / teruskan) dan tweet kita yang di-retweet orang lain.
FAVORITES
Berisi tweet yang menjadi favorit kita serta disimpan sehingga kita bisa membukanya lagi sewaktu-waktu
MUTE
Berguna untuk memblock orang lain sehingga tweet mereka tidak masuk ke Time Line atau Mention kita. Caranya, kita tinggal memasukkan username orang tersebut pada kotak isian. Semisal untuk mem-block seseorang yang kita anggap spammer agar dia tidak bisa membuat tweet mention ke kita.
MANAGE LISTS
Membuat sebuah daftar. Bisa juga daftar orang yang ingin kita pantau/ikuti tweet-nya.
OUTBOX
Berisi pesan yang telah kita kirim kepada orang lain.
Pilihan untuk menampilkan menu tambahan
Jika akun kita diberi perlindungan (protection) sehingga orang harus meminta izin untuk bisa mem-follow kita, maka akan muncul daftar followe requests yang harus kita moderasi. kita bisa melihat request dari orang yang ingin mengikuti kita (mem-follow), kita dapat mengaksesnya melalui MENU > MORE > FOLLOWER REQUESTS seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini.
More Options
Berbagai fitur lain dapat atur untuk menambah kenyamanan pemakaian, seperti:
- Menambahkan lebih dari 1 akun.
Jika memiliki lebih dari 1 akun twitter (atau menjadi admin akun tertentu), kita bisa mengakses semuanya hanya dengan 1 Twidroyd app. Kita bisa memilih apakah kedua akun itu tampil semua dalam satu layar atau hanya akun-utama yang tampil. Jika hanya akun-utama yang yang tampil secara default, kita bisa mengatur untuk berpindah akun dengan cara menggesernya ke kiri atau kanan. Tampilannya akan berupa 2 tab.
(pengaturan ada di MENU > MORE >  SETTINGS > MULTI ACCOUNT SETTINGS)
- Background notification
Kita bisa memilih untuk mengaktifkan kinerja Twidroyd di backgound-process dan otomatis me-refresh sehingga jika ada tweet baru akan langsung masuk ke handphone kita. Kita bisa mengatur interval waktu tertentu untuk melakukan update (refresh) tweet, misal 5 menit, 15 menit, 1 jam, hingga 24 jam sekali (pengaturan ada di MENU > MORE >  SETTINGS > NOTIFICATIONS SETTINGS)
- Tema
Terdapat berbagai pilihan warna tema yang disediakan. Jika kurang puas dengan warna tema yang ada, kita bisa mendownload tema dari website Twidroydfactory atau membuatnya sendiri di website tersebut.
(pengaturan ada di MENU > MORE >  SETTINGS > CHOOSE THEME)
- Pengaturan Tampilan
  wana tombol (terang/gelap),layout (bubble/normal),ukuran huruf,jumlah tweet dalam satu tampilanprofile image
(pengaturan ada di MENU > MORE >  SETTINGS > Display Options)
- Fitur Lain
username autocomplete (berdasarkan list friend/orang yang kita follow), hastag auto-complete, refresh on shake, tarik dan lepaskan untuk refresh (saat berada di TL atau Mention, kita tinggal tarik ke bawah dan lepaskan), pengingat posisi display di Time Line agar kembali ke posisi terakhir kita melihat tweet, dll.

Karena Twidroyd versi ini telah dihapus oleh UberSocial, tentu saja sudah tak bisa didownload dari Android Market. Namun, saya sudah membuat back-up sehingga kita masih bisa mendownload dan menggunakannya.

Download Twidroyd versi UberSocial - 3,45 mb (dari 4shared)


Thanks to:
Description: Twidroyd for Android (versi UberSocial) Rating: 4.5 Reviewer: Faril Lukman ItemReviewed: Twidroyd for Android (versi UberSocial)


.:: Artikel menarik lainnya ::.

5 komentar :

Tulis Komentar Anda di Sini...