Minggu, 08 Januari 2012

Twitter Client for Android


Sering menggunakan layanan twitter untuk berkomunikasi dengan teman atau relasi? Namun, bagaimana jika kita sedang dalam perjalanan dan tidak menggunakan PC maupun laptop? Pasti kita memanfaatkan handphone untuk mengakses website-nya. Tapi hal ini terlalu ribet karena tampilannya terlalu sederhana (mobile view) sehingga banyak fitur yang tak dapat diakses atau terlalu kompleks (web view) sehingga susah diakses menggunakan handphone. Solusi permasalahan ini adalah menggunakan Twitter client untuk menikmati layanan twitter menggunakan handphone. Terdapat beberapa twitter client yang tersedia di aplication market untuk berbagai jenis OS. Untuk Android, terdapat beberapa pilihan yang direkomendasikan pihak Android Market Editor dan oleh banyak pengguna Android. 

Twidere for Twitter
Dengan tampilan yang elegan dan animasi smooth, pasti akan menyenangkan saat menggunakan Twidere. Kita dapat berpindah dari timeline ke mention atau ke tab lain hanya dengan cara menggeser layar ke kanan atau ke kiri. Adanya pilihan penambahan atau pengurangan tabs sesuai keinginan menjadi nilai plus.

Lihat review  |  Download  |  cara download melalui komputer

Twitter for Android
Client ini merupakan buatan resmi dari Twitter.Inc yang dikhususkan untuk pengguna Android. Tampilannya mirip dengan tampilan desain website Twitter, tetapi dalam bentuk yang telah disederhanakan. Pengguna pasti tak asing dengan tampilannya dan juga cara mengakses fitur-fiturnya.


Twidroyd Legacy
Sebelum dibeli oleh pihak UberSocial, Twidroyd merupakan twitter client yang sudah banyak digunakan oleh pengguna Android. Tampilannya terkesan elegan dengan dominasi warna biru-muda. Beberapa fitur yang tersedia sudah mampu mencakup semua fungsi di twitter, diantaranya adalah
1. Terlihat di panel menu: Time Line, Mention, dan Inbox, Search. Bisa ditambahkan sesuai keinginan.
2. Diakses melalui "More": Profile, Account, Outbox, View List, Manage List, Favourites, Follower Request,  Suggest a feature, Trending Topic, dan Setting.

Untuk mempermudah refresh, kita bisa mengaktifkan "Shake to Refresh", yakni dengan menggoyangkan handphone akan otomatis me-refresh Time Line, Mention, atau menu lain. Fitur yang merepotkan adalah saat kita menulis tweet, kita hanya bisa membuat mention ke follower, bukan pada following (friend). Hal ini cukup merepotkan jikga kita ingin membuat mention ke orang yang belum mem-follow kita ataupun mention ke sebuah grup.
Saat ini sudah tidak ada update terbaru lagi karena telah diganti menjadi Twidroyd for Android.
Download  |  cara download melalui komputer

Twidroyd for Android (versi UberSocial)
Client ini merupakan pengembangan dari Twidroyd setelah diakuisisi oleh UberSocial. Tampilannya tak beda jauh dengan Twitter Legacy, hanya berubah letak menu yang awalnya di bawah, dalam versi terbaru terdapat di bagian atas. Banyak perbaikan yang ditambahkan sehingga semakin nyaman, seperti akses menu yang tinggal menggeser ke kanan atau ke kiri, banyak pilihan tema, banyak pilihan warna, dan tampilan yang lebih smooth. Fitur terbaru adalah adanya "Release to Refresh", yakni dengan cara menarik ke bawah lalu melepaskannya, maka aplikasi akan me-refresh Time Line, Mention, atau menu lain.
Saat ini, Twidroyd versi ini telah dihapus sehingga tidak ada lagi di Android Market dan digantikan oleh UberSocial for Android.
Lihat reviewDownload  |  cara download melalui komputer

UberSocial for Android
Setelah menghapus Twidroyd versi Uber, sekarang telah hadir UberSocial for Android yang menggunakan tampilan dan fitur mirip dengan Twidroyd.


TweetCaster
Dengan tampilan yang catchy, kita pasti akan langsung tertarik menggunakannya. Fitur utama secara default adalah Time Line, Mention, Direct Message, Favourite, dan List. Untuk mengakses fitur yang lainnya, kita bisa menggunakan tombol MENU yang ada di handphone (keypad).

Saat berada di Time Line, kita bisa membedakan antara tweet teman, tweet kita, mention ke kita, dan tweet orang yang tak kita ketahui (hasil retweet teman kita) dengan mudah karena masing-masing memiliki warna background yang berbeda. Mention akan berwarna coklat kemerahan, tweet kita berwarna hijau.

TweetDeck
Pengguna komputer pasti tak asing lagi dengan aplikasi TweetDeck. Tampilan TweetDeck for Android tak jauh beda dengan versi komputer maupun versi Google Chrome dengan dominasi warna gelap sebagai background-nya.

Fitur yang paling menyenangkan adalah adanya fungsi slider untuk berpindah ke Time Line, Mention, Direct Message, dan menu lain. Caranya adalah dengan menggeser ke arah kiri ataupun kanan.
*  *  *  *  *  *  *  *  *

Lihat juga:
TweetDeck untuk Komputer | lihat review dan link download
Description: Twitter Client for Android Rating: 4.5 Reviewer: Faril Lukman ItemReviewed: Twitter Client for Android


.:: Artikel menarik lainnya ::.

0 komentar :

Tulis Komentar Anda di Sini...