Rabu, 29 September 2010

Free OCR - Mengubah Hasil Scan Menjadi Teks Tulisan


Terkadang kita merasa malas untuk mengetik ulang sebuah tulisan dari sebuah buku. Terlebih jika tulisannya sangat banyak. Hal itu akan semakin memperlambat kinerja jika terlalu lama mengetik dari kata per kata. Beberapa diantara kita berpikir untuk men-scan buku terebut agar menjadi berbentuk digital. Akan tetapi, hal itu belumlah menyelesaikan permasalahan karena file hasil scan berupa file gambar (semisal jpg, tiff, atau sejenis). Dalam bentuk gambar, file hasil scan tidak bisa diedit (menggunakan Microsoft Word atau yang lain) sesuai kebutuhan. Karena itulah kita membutuhkan sebuah aplikasi yang dapat meng-convert (mengubah) file gambar hasil scan menjadi sebuah file tulisan agar dapat kita edit sesuai dengan kebutuhan kita.

Untuk menjawab kebutuhan itulah, maka ada sebuah aplikasi "free OCR" yang dapat mengubah file hasil scan menjadi file .txt sehingga dapat diedit menggunakan aplikasi seperti Microsoft Word. File gambar yang bisa dibuka oleh free OCR adalah yang berbentuk .tif, .bmp , jpg, .gif, dan .png. Penggunaan aplikasi ini juga terbilang mudah.
Kita tinggal membuka aplikasi free OCR, lalu pilih menu "open" untuk membuka sebuah file gambar yang ingin diubah menjadi file teks. Setelah memilih sebuah file gambar, klik menu "OCR" yang berada di sebelah menu "open". Tunggu sebentar hingga file yang telah kita pilih menjadi sebuah file teks. Setelah menjadi file teks, kita dapat meng-copy tulisan di dalamnya atau menyimpan file ke dalam komputer.
Untuk hasil convert yang maksimal, sebaiknya resolusi gambar di atas 200dpi. Jika resolusi gambar rendah, kemungkinan terjadi salah konversi akan muncul, seperti kesalahan huruf pada file teks. Ada baiknya pula, kita mencek hasil konversi karena selain menjaga agar tulisan benar, juga agar kita tahu apa isi buku yang kita contoh tersebut. Jadi jangan asal mencontoh tanpa tahu apa isinya.
Untuk gambar dan tabel yang berada dalam file image, saat di-convert akan terjadi kesalahan pada hasil convert, yakni mucul menjadi kode-kode yang aneh. Memang ini adalah kelemahan dari freeOCR. Untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal dalam men-convert file image (temasuk ada gambar dan tabel), gunakanlah Abbyy Fine Reader OCR 8.0 (profesional edition) yang juga ada di blog ini.


*  *  *  *  *  *  *  *  *
Download aplikasi freeOCR - 2,7 mb

*  *  *  *  *  *  *  *  *
Untuk menjalankan aplikasi ini, ekstrak file menggunakan aplikasi Winrar yang dapat didownload di sini  

Spesifikasi free OCR:
Lisensi - freeware
Kapasitas hardisk - 24 mb free space
Kapasitas RAM - 14 mb free space

Baca juga:
Abbyy Fine Reader OCR 8.0 - profesiona edition
Konversi secara online - Zamzar

Sumber:
http://jepits.wordpress.com/2009/03/11/mengubah-teks-image-hasil-scan-menjadi-teks-yang-bisa-di-edit/ Description: Free OCR - Mengubah Hasil Scan Menjadi Teks Tulisan Rating: 4.5 Reviewer: Faril ItemReviewed: Free OCR - Mengubah Hasil Scan Menjadi Teks Tulisan


.:: Artikel menarik lainnya ::.

15 komentar :

Tulis Komentar Anda di Sini...