Minggu, 14 Agustus 2011

Aliran Dalam Langgam Arsitektur Post Modern


Di dalam perkembangannya, arsitektur post-modern dapat dikelompokkan berdasarkan ciri dan konsep bangunan. Berbagai aliran muncul tetapi masih dalam konteks arsitektur post modern. Tiap aliran memiliki arsitek ternama yang menganut dan mengembangkannya.
Menurut Charles Jencks dalam buku Evolutionary Tree, Arsitektur Post-Modern dapat dikelompokkan menjadi 6 (enam) aliran, yakni:
ALIRAN HISTORICISM
Terminal Bandara (karya Aero Saaninen)
Bangunan beraliran ini menggunakan dekorasi berupa elemen-elemen klasik (misalnya ionic, Doric, dan Corinthian) yang digabungkan dan disesuaikan dengan pola-pola modern pada bangunan.
Contoh arsitek: Aero Saarinen, Philip Johnson, Robert Venturi, Kisho Kurokawa, Kyonori Kikutake.

ALIRAN STRAIGHT REVIVALISM
Bangunan di Modena - Italia (karya ALdo Rossi)
Langgam ini cocok digunakan sebagai konsep perancangan bangunan yang membutuhkan sifat monumental dan tegas. Di dalamnya, terdapat penggunaan langgam neo-klasik ke dalam bangunan yang memiliki irama komposisi berulang dan simetris.
Contoh arsitek: Aldo Rossi, Monta Mozuna, Ricardo Bofil, Mario Botta.

ALIRAN NEO-VERNACULARISM
Estec Noordwijk - NL (karya Aldo van Eyck & Hannie van Eyck)
Menerapkan elemen tradisional dalam perancangan bangunan. Elemen tradisional ini diterapkan dengan konsep bangunan modern sehingga tercipta bangunan modern yang serasi dengan lingkungan lokal. Hal ini berfungsi untuk menghidupkan kembali suasana tradisional setempat dengan membuat bentuk dan pola-pola bangunan sesuai dengan arsitektur lokal.
Contoh arsitek: Darbourne & Darke, Joseph Esherick, Aldo van Eyck.

ALIRAN CONTEXTUALISM (URBANIST + AD HOC)
Leicester University Engineering Building (karya Leon Krier & James Stirling)
Penempatan dan bentuk bangunan disesuaikan dengan lingkungan sekitar sehingga didapatkan komposisi bangunan dan lingkungan yang serasi. Aliran ini sering juga disebut dengan Urbanis.
Contoh arsitek: Lucien Kroll, Leon Krier, James Stirling.

ALIRAN METAPHOR & METAPHISICAL
La Sagrada Familia - Barcelona, Spanyol (Antoni Gaudi)
Mengekspresikan secara bentuk-bentuk suatu hal yang ditampilkan ke dalam konsep atau desain bangunan. Terdapat tiga bentuk metaphor, yakni metaphor lugu (bentuk bangunan sama persis dengan bentuk benda yang menjadi konsep), metaphor kompleks (terdapat beberapa bentuk benda yang digabung sehingga menimbulkan bentuk bangunan yang kompleks)
Contoh arsitek: Stanley Tigerman, Antonio Gaudi, Takeyama.

ALIRAN POST-MODERN SPACE
Peter Eisenman's Center for Design and Art - University of Cincinnati (karya Eisenman's Aronoff)
Memperlihatkan pembentukan ruang dengan mengkomposisikan komponen bangunan itu sendiri. Difokuskan pada rancangan spatial interpenetration, di mana dua atau lebih ruang dapat digabung secara overlap dan saling bertemu. Aliran ini mencoba mendefinisikan ruang lebih dari sekedar ruang abstrak dan menghasilkan arti ganda, keanekaragaman dan kejutan.
Contoh arsitek: Peter Eisenman, Robert Stern, Charles Moore, Kohn, Pederson-Fox.


Sumber:
Utami, Rahadita Citra. 2010. Rumah Sakit Mata (Relokasi dan Pengembangan Cirebon Eye Center). Undip. LP3A (belum dipublikasikan)

Thanks to:
Dhimas Bagus Putranto (lihat akun facebook | lihat akun twitter)
Description: Aliran Dalam Langgam Arsitektur Post Modern Rating: 4.5 Reviewer: Faril ItemReviewed: Aliran Dalam Langgam Arsitektur Post Modern


.:: Artikel menarik lainnya ::.

1 komentar :

Tulis Komentar Anda di Sini...