Rabu, 17 Agustus 2011

TTPod Versi Android


TTPod adalah salah satu pemutar audio (musik - suara) favourit pengguna ponsel. Jika sebelumnya TTPod memanjakan pengguna handphone berbasis Java dengan produk TTPod 1.0 (beta) dan 1.1, kini TTPod telah melebarkan sayapnya dengan membuat aplikasi pemutar musik untuk smartphone berbasis Symbian dan Android (entah pada Blackberry dan iOS, ada atau tidak).






Download TTPod 3.9

Download skin

LIRIK LAGU PADA TTPOD
TTPod Android memiliki fitur mencari lirik-lagu secara otomatis melalui koneksi internet. TTPod dapat bekerja mencari lirik-lagu jika properti lagu (mp3 tag) telah benar, yakni judul lagu dan penyanyinya. Untuk memperbaiki mp3-tag, terdapat dua cara:
1. Saat memutar lagu
Versi 3.5 ke bawah --> Tekan MENU > COMMON > TAG (pada versi 2.9, bernama INFO). Maka akan keluar properti lagu, tap EDIT. Lalu perbaiki properti lagu tersebut. Jika telah selesai, tap SAVE.
Versi 3.5 ke atas --> tap tanda "titik tiga" yang ada di bagian bawah, tap INFO.
2. Saat berada di daftar playlist
Tap pada tanda panah yang berada di sebelah kanan judul lagu, pilih TAG (pada versi 2.9 ke atas, bernama INFO).  Maka akan keluar properti lagu, tap EDIT. Lalu perbaiki properti lagu tersebut. Jika telah selesai, tap SAVE.

Jika sudah menemukan lirik dan album arte, maka akan otomatis tersimpan di database TTPod. Dengan begitu, saat tanpa koneksi internet, TTPod akan tetap menampilkan lirik lagu dan album arte yang telah disimpan tadi.
Jika tampilan lirik tidak sesuai dengan waktu dari lagu, kita bisa mengaturnya agar pas dengan pelafalan lagu. Caranya, tap tanda panah di bagian kanan layar. Lalu tarik lirik lagu ke atas atau ke bawah agar sesuai dengan timing lagu atau dengan menekan tanda panah ke atas/bawah di bagian kanan layar. Saat memutar lagu lagi, maka timing lirik akan sesuai dengan yang telah kita atur tadi.

Jika kita tidak berlangganan paket internet di handphone, kita bisa memasukkan lirik lagu secara manual. Kita bisa mencari lirik lagu melalui komputer yang telah diinstal Mini Lyrics (review Mini Lyrics). Setelah itu, masukkan lirik yang ada di database Mini Lyrics ke dalam database TTPod. Sesuaikan nama file mp3 dengan nama file lirik. Setelah selesai, lirik lagu akan muncul otomatis ketika lagu tersebut diputar. Untuk catatan, lirik lagu yang kompatibel dengan TTPod adalah dengan format .lrc.
Ketika handphone diletakkan secara landscape, maka akan muncul tampilan album arte dan lirik lagu secara bersebelahan.
 
Tampilan TTPod saat posisi handphone landscape
Kita bisa mengaktifkan fitur MiniLyrics saat TTPod di-minimize sehingga lirik akan muncul di layar handphone seperti tampilan Mini Lyrics pada komputer. Untuk mengaktifkannya, tekan Menu > Preferences > aktifkan Display Desktop Lyrics. Agar letak lirik tidak berpindah-pindah, tekan tombol lock MiniLyric.
GANTI BAHASA DEFAULT
Kita tak perlu khawatir dengan bahasa yang ada pada TTPod. Jika pada versi sebelumnya bahasa default-nya adalah bahasa dan tulisan China sehingga kita perlu mengaturnya agar berbahasa Inggris, pada versi ini kita tak perlu repot lagi karena TTPod secara otomatis akan berubah bahasa sesuai dengan bahasa di posel kita setelah beberapa menit terinstal.
Jika tidak berubah bahasa secara otomatis, ikuti langkah berikut ini untuk mengubah bahasa TTPod dari China menjadi Inggris:
1. Saat berada di halaman awal TTPod, tekan tombol Menu pada handphone
2. Tekan tombol tool (pada gambar di bawah, tombol yang dilingkari warna biru)
3. Tekan tombol setting (pada gambar di bawah, tombol yang dilingkari warna merah)
4. Setelah muncul tampilan menu-setting, tarik ke bawah hingga yang terlihat adalah menu bagian paling bawah.
5. Jika sudah berada di bagian paling bawah, tekan tombol seperti pada gambar yang dilingkari warna merah.
Tekan menu berwarna biru, lalu tekan menu berwarna merah di atas
Arahkan scroll hingga paling bawah, lalu tekan tombol yang dilingkari warna merah
EQUALIZER
TTPod memiliki fitur pengaturan equalizer yang terdiri dari 10 band grafik equalizer. Equalizer ini dapat kita atur sesuai selera kita dengan menaik-turunkan panel (seperti PowerAMP) dan kita simpan setting tersebut. Selain pengaturan manual, juga tersedia pilihan default equalizer, seperti Rock, Pop, Dance, Hip Hop, dll.

FITUR KONTROL
Dengan adanya bermacam fitur penggantian lagu semakin memudahkan kita mengontrolnya. Kita dapat memilih dapat mengganti lagu dengan headset kita. Dengan menekan tombol pada headset sekali maka akan sama dengan tombol pause, menekan tombol headset dua kali akan sama dengan tombol next, sedangkan menekan tombol headset beberapa saat (lama) maka sama dengan tombol previous (dapat dibalik).
Fitur penggantian lagu yang lain adalah melalui gerakan shake to change. Jika kita mengaktifkannya, dengan menggerakkan lagu ke berbagai arah akan dapat mengganti lagu yang diputar. Kita dapat mengatur shaking sensitifity agar sesuai dengan selera kita. Untuk mengaturnya, tekan Menu > Tools > Preferences > Shake mobile phone to change music > aktifkan Enable shaking song. Sayangnya, pengaturan shaking sensitivity-nya tidak lagi sebaik pada versi sebelumnya.

WIDGET
Kita bisa menampilkan widget TTPod sehingga kita bisa memutar musik langung saat berada di tampilan HOME. Cara menampilkannya, tap lama di Home, lalu pilih WIDGET, pilih TTPod. Selanjutnya kita bisa mengatur ukuran agar sesuai dengan layar, bisa memilih penuh atau hanya sebagian saja.

SKIN
Tentu saja fitur ini menjadi daya tarik tersendiri karena kita bisa mengganti tampilan TTPod dengan pilihan berbagai macam skin yang tersedia. Kita bisa mendapatkan skin TTPod dengan 2 cara, yakni:
1. Mendownloadnya dari TTPod secara langsung.
Pilih Menu > Skin. Saat berada di window skin, klik More. Kita akan dibawa ke kumpulan skin yang dapat didownload dari server TTPod. Di dalam daftar, terdapat gambar preview di bagian kiri dan tombol download di bagian kanan (berupa kotak dengan tulisan China).
2. Mendownloadnya dari komputer.
Kita juga bisa mendownload skin TTPod secara manual melalui komputer. File yang didownload memiliki format .tsk. Setelah proses download selesai, masukkan file .tsk ke dalam memori handphone (microSD) di direktori TTPod - skin.
Kemudian, buka TTPod app, pilih Menu > Skin, maka akan tersedia beberapa daftar skin yang telah tersedia (skin default dan skin tambahan yang telah dimasukkan ke direktori TTPod - skin). Pilih nama skin yang sesuai dengan nama file .tsk yang baru saja dimasukkan ke memori handphone tadi.
Untuk mendownload skin TTPod (.tsk) dari komputer, klik link berikut: Download Koleksi Skin Untuk TTpod Versi Android
Beberapa contoh skin TTPod
MENGGANTI NADA NOTIFIKASI ANDROID
Keunggulan lain dari TTPod adalah kita dapat memilih sound/lagu untuk dijadikan pengganti ringtone notifikasi. Jika biasanya kita butuh aplikasi atau trik khusus untuk mengubah ringtone notifikasi dari nada default, kini kita dapat menggantinya dengan lagu fovorit kita hanya menggunakan aplikasi pemutar audio ini.  Selain itu juga bisa digunakan untuk mengedit tag lagu (propertis lagu), seperti judul, penyanyi, album, tahun terbit, genre, dll.


*  *  *  *  *  *  *  *  *
Download TTPod 3.9
Download


Lihat juga:
Kumpulan skin untuk TTPod Android | lihat review dan link download
TTPod untuk handpone berbasis java | lihat review dan link download
PowerAMP - music player dengan pengaturan equalizer  | lihat review dan link download
Mini Lyrics - Karaoke di komputer | lihat review dan link download Description: TTPod Versi Android Rating: 4.5 Reviewer: Faril ItemReviewed: TTPod Versi Android


.:: Artikel menarik lainnya ::.

18 komentar :

bagas telah menulis...

tailah..tinggal traslate aja bangga

taurus arif telah menulis...

hapus aja tdk bermutu

aln telah menulis...

keliatan bgt copasny tinggal traslate

Faril telah menulis...

dasar kalian orang-orang munafik...kalian meng-copas artikel saya dan udah saya laporkan ke blogger tapi malah kalian yang menteror saya..
Dasar orang munafik..
Saya tahu ada 3 komentar di sini, tapi hanya satu orang saja..
Enak kan rasanya blog-mu dihapus? makanya kalo ada peringatan segera digubris,jangan ditentang melulu..
Aku udah nggak sabar, jadinya tak laporkan saja ke pihak yang berwenang..
Dan keliatan banget dari bahasa kalian itu, tak ada sisi pendidikannya..

Faril telah menulis...

Satu hal lagi..
Darimana kamu mendapat informasi kalo artikel ini hasil translate? apa itu hanya kesimpulan dari imajinasi-mu? Memangnya artikel ini translate dari artikel mana? coba tunjukkan jika kamu termasuk orang yang benar.

Faril Lukman telah menulis...

Mau berbagi kabar..
Ada orang yang menjiplak artikel ini untuk diposting di artikelnya (pelaku menggunakan akun di mywapblog).
Saya sudah memperingatinya agar menghapus artikelnya, tapi malah dia menteror saya dengan mengirim komentar di artikel ini (dalam mobile-mode) menyebutkan bahwa artikel saya hasil copas dan translate. Dia mengirim 3 komentar menggunakan 3 nama, padahal menuju akun yang sama (terlihat banget usaha teror-nya).  Saya jadi bingung sendiri, artikel mana yang saya translate sehingga menjadi artikel ini ya?
Sekarang, tampilan mobile-web blog fariable sudah saya disable guna mengantisipasi tindakan copas seperti yang saya alami beberapa hari kemarin. Tetapi, komentar yang saya maksud tersebut masih ada di artikel ini dalam versi mobile, tidak saya hapus. Jika ingin, silakan dibaca sendiri.

Terimakasih atas dukungan Anda semua..

Jogy telah menulis...

sialan emang tuh orang...ga tau nulis artikel apa..harus pake copas punya orang. Gw rasa skripsi nya juga copas tuh dari perpus.
sewa mobil

Faril telah menulis...

Mungkin juga,sob...
Saya jadi ragu dengan artikel lain di blog dia..

Anonim telah menulis...

tak berhasil ganti bahasa.. ane pake ttpod v3.1.0 update 21 maret 2012, apa emang blm support ya?

Faril Lukman telah menulis...

Kan sudah saya terangkan di atas kalo TTPod versi 3.1.0 belum support ke bahasa Inggris. Atau mungkin saya yang belum menemukan caranya karena adanya perubahan menu dan perletakannya..

Yudist B' Pleasant telah menulis...

ril,, ttpod 3.3 ws support english rung?

setting an e og rak ono ya???
bls sms ae ya,,, hehe
Yudist

Faril Lukman telah menulis...

ttpod versi 3 ke atas emang belom support ke Inggris, bro.. Sebenernya kan versi 3 ke atas itu untuk Symbian, tapi entah kenapa di android juga diberi kode itu..
Aku aja sampe sekarang masih pake versi 2.9 (patch ke berapa entahlah)..

Ahmad Hariyanto telah menulis...

thanks bro infonya, sekarang TTPOD ane udah pake bahasa ingris :D

Pray_hope88 telah menulis...

Gimana caranya gan??

Faril Lukman telah menulis...

Apanya yang gimana??

Faril Lukman telah menulis...

yep, sekarang TTPod di android udah versi 3.9 ke atas dan udah support Inggris

Faril Lukman telah menulis...

otomatis pindah ke bahasa Inggris kog.. Kalo masih belum ganti bahasa secara otomatis, lihat panduannya di artikel..

AVI telah menulis...

mantap gan sukses trus blognya
bermanfaat bget nih
udh detail cara ngejelasinnya
terimakasih banyak

Tulis Komentar Anda di Sini...