Jumat, 03 September 2010

Kertas Bekas (Papercrate) Sebagai Bahan Dinding


Pengertian
Kertas bekas yang dimaksud disini adalah berupa kertas yang mempunyai tekstur kasar seperti kertas Koran atau kardus, yang dihancurkan menjadi semacam bubur kertas dan diolah lagi menjadi bata kertas agar dapat digunakan untuk penggunaan lebih lanjut sebagai material bahan bangunan.

Spesifikasi Kertas Bekas (papercrate)

· Mempunyai massa dan berat yang sangat ringan
· Bersifat lembek, sehingga mudah dibentuk
· Cukup kuat dalam menahan gaya vertikal
· Mempunyai bentuk yang ramping, sehingga memudahkan dalam pengemasan dan distribusinya
· Tidak mengandung racun, karena tidak menggunakan cairan kimia yang berbahaya

Pengolahan Kertas Bekas (papercrate)
Kertas bekas khususnya yang berbahan Koran (mempunyai serat yang kasar) kemudian di campurkan dengan air dan semen dengan kisaran perbandingan antara kertas:air:semen adalah 6:2:2. Setelah tercampur, bubur kertas tersebut dicetak sesuai keinginan (biasanya dicetak dalam bentuk ukuran batu bata), kemudian dikeringkan sehingga menjadi sebuah “bata” yang terbuat dari kertas dan siap digunakan. 
Bahan kertas sudah dapat dipastikan ramah lingkungan karena dapat mengurangi pembuangan sampah kertas dan juga meningkatkan kualitas dan kuantitas daur ulang kertas menjadi sebuah bahan dinding.

Dinding papaercrate tetap dapat memiliki bukaan yang lebar
Penerapan Kertas Bekas
Kertas bekas yang sering kita temui sehari – hari dapat diolah menjadi berbagai macam kerajinan tangan ataupun ornamen – ornamen. Namun, dengan teknologi rekayasa yang tepat maka kertas ini dapat digunakan sebagai bahan dasar pembuatan dinding bangunan, tetapi tentunya untuk skala bangunan kecil atau bangunan berlantai 1. Secara teknis, bahan kertas akan mudah menyerap dan mengeluarkan panas di dalam ruangan dan juga mampu meredam kebisingan. Namun, bahan kertas ini tidak cocok digunakan di ruang luar atau ruang – ruang yang sering terkena air karena akan merusak kompisisi campuran (semen, air, dan kertas) dari dinding kertas tersebut, meskipun dalam penerapannya, dinding kertas ini biasanya sudah dilapisi semen atau diplester bagian terluarnya.

Pemasangan Kertas Bekas (papercrate) Pada Dinding
1. “Bata” dari kertas bekas yang sudah siap digunakan di pasang selayaknya memasang batu bata pada dinding – dinding konvensional seperti biasa.
2. Kemudian, bata kertas tersebut direkatkan dengan menggunakan campuran semen dan air, tetapi dengan perbandingan semen yang lebih rendah, yaitu perbandingan semen:air adalah 2:6.
3. Sebelum diberi finishing seperti plester atau acian, dinding kertas dikeringkan dan didiamkan pada suhu lebih dari 30 derajat celcius selama satu hari penuh.
Rumah yang dindingnya terbuat dari bahan pepercrate
Kajian Penerapan Kertas Bekas (papercrate) Sebagai Material Dinding
Pada saat pengolahan kertas bekas ini (atau biasa disebut dengan papercrate) kertas yang digunakan adalah kertas dengan serat kasar seperti kertas koran, karena kertas dengan serat yang kasar akan mempunyai kekuatan mereka yang baik dibandigkan dengan kertas biasa. Secara teknis kertas ini lebih optimal dalam menyerap panas pada siang hari yang kemudian dilepas kembali pada malam hari. Sehingga penggunaan pendingin ruangan pada siang hari dapat berkurang. Selain itu, dengan menggunakan dinding kertas ekas ini maka secara tidak langsung kita juga membantu mengurangi sampah–sampah kertas sehingga bahan ini dapat dikatakan ramah lingkungan.
Proses pemasangan papercrate pada dinding




Kelebihan Penerapan Kertas Bekas (papercrate) Pada Dinding

· Mampu menyerap panas
· Meredam suara / kebisingan
· Tidak mengandung racun
· Biaya produksi murah
· Daya kering yang cepat
· Penggunaan semen yang sedikit


Kekurangan Penerapan kertas Bekas (papercrate) Pada Dinding
· Tidak tahan lama terhadap air, apabila dinding jenis ini sering terkena atau dialiri air, maka komposisi didalamnya akan rusak dan dinding akan menjadi lemah serta mudah roboh .
· Butuh waktu yang relatif lama untuk mempersiapkan papercrate ini hingga dapat digunakan sebagai material bangunan.
*  *  *  *  *  *  *  *  *

Berdasarkan produk tugas mata kuliah SEMINAR Jurusan Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Diponegoro.
Tim Penyusun:
Adiyasa Zidky Siswantoro
Alpraditia Malik
Nugroho Hari Respati
Description: Kertas Bekas (Papercrate) Sebagai Bahan Dinding Rating: 4.5 Reviewer: Faril ItemReviewed: Kertas Bekas (Papercrate) Sebagai Bahan Dinding


.:: Artikel menarik lainnya ::.

4 komentar :

iwan telah menulis...

GAN...
aku punya limbah cair ( bubur kertas ) dari pabrik kertas, punya info gak buat pemanfaatannya...., bingung nig mau di apakan tuh limbah, sehari bisa 500 ton......
kalo punya solusi bahkan kalo ada yg mau terima limbah tersebut ?
emailme : jika17an@gmail.com

Gusabelee telah menulis...

kawan yang baik hati , saya ingin mendapat contoh rumah yang semua bahannya dari kertas bekas, bila punya tolong tampilkan ya. dari gusabe

mth29 telah menulis...

ana mau gan

Hernawan Prasetyohadi telah menulis...

gimana cara menghubungimu ?
atau cal me 081281717193

Tulis Komentar Anda di Sini...