Minggu, 26 September 2010

Mini Lyrics - Penampil Lirik Lagu pada Desktop Komputer


Jika Anda sering mendengarkan musik saat bekerja menggunakan komputer, pasti terkadang akan sedikit bernyanyi mengikuti lantunan lagu yang diputar oleh komputer. Atau bahkan bernyanyi dari awal hingga lagu selesai. Namun, bagaimana jika tidak hafal lirik lagu yang sedang diputar? Tentu saja hal itu akan sedikit mengganggu kenyamanan bernyanyi.
Saat ini, Anda tidak perlu khawatir kehilangan selera untuk bernyanyi hanya karena tidak hafal lirik sebuah lagu. Ada aplikasi penampil lirik lagu bernama Mini Lyrics yang akan menampilkan lirik dari lagu yang sedang diputar oleh komputer. Tampilannya yang sederhana tidak akan mengganggu aktifitas komputer yang lain. Dengan begitu, Anda dapat bernyanyi mengikuti alunan lagu apapun yang diputar komputer. Hasilnya, suasana akan lebih membuat kita makin bersemangat beraktifitas.


Mini Lyrics dapat disinkronisasi dengan player yang terinstall di komputer, semisal dengan Jet Audio, Windows Media Player, atau iTunes. Saya sendiri mensinkronkan Mini Lyrics dengan Jet Audio sehingga tiap memutar lagu menggunakan Jet Audio, Mini Lyrics akan otomatis bekerja menampilkan lirik lagu pada dektop komputer.
- Show super cool scrolling lyrics, you can sing along with it.
- Download and save lyrics in your mp3 files, you can view it on your iPod or iPhone.
- Amazing translucency skins.
- Never expires, you can try it free and ignore the nagging registration notice.
- Support saving/loading embedded ID3v2, Lyrics3v2 standard lyrics.
Penampil lirik ini dapat diatur posisinya agar nyaman dilihat, biasanya lirik lagu diletakkan di desktop bagian atas agar tidak mengganggu pandangan kerja pada bagian tengah desktop. Warna lirik pun dapat diubah sesuai selera Anda. Dengan begitu, Anda akan leluasa melihat pekerjaan dan lirik lagu tanpa saling mengganggu.
Tampilan lirik yang muncul
Jika komputer belum memiliki database lirik lagu yang diputar, Mini Lyrics akan secara otomatis mencari lirik lagu melalui koneksi internet. Dengan catatan, properties lagu (judul lagu dan nama artis) telah lengkap. Jika menggunakan Jet Audio (download Jet Audio di sini), Anda dapat mengedit properties lagu melalui edit tag (saat di playlist, klik kanan, pilih edit-edit tag. Jika pada explorer, klik kanan-jet audio-edit tag).
Jika properties tidak lengkap atau kosong, Anda dapat melakukan pencarian melalui fitur "cari lirik (ctrl+D)". Setelah menuliskan nama artis dan judulnya, klik tombol "cari". Jika telah selesai mencari, Mini Lyrics akan menampilkan lirik yang berkaitan dengan lagu tersebut. Anda dapat membiarkan Mini Lyrics memlihkan lirik lagu atau Anda dapat memilih salah satu lirik yang paling pas dari daftar lirik yang disuguhkan Mini Lyrics. Selanjutnya, lirik yang Anda pilih akan otomatis tersimpan di daftar database Mini Lyrics sehingga saat lagu tersebut diputar lagi, lirik lagu akan otomatis ditampilkan di desktop komputer tanpa perlu koneksi internet lagi.
Jika tak ada koneksi internet pada komputer, Anda dapat meminta database Mini Lyric di komputer teman untuk di-copy ke komputer Anda.

Lirik yang diperoleh dari Mini Lyrics, dapat dimasukkan juga ke database TTPod Music Player sehingga dapat menampilkan lirik pada handphone android. Sayangnya, hanya lirik yang berformat .lrc saja yang bisa diputar TTPod. Padahal lirik yang didownload Mini Lyrics terkadang berformat .txt.
Jika terdapat banyak pilihan, kita bisa memilih yang paling bagus
Jika penampilan lirik terasa terlalu lambat atau terlalu cepat dari yang seharusnya, Anda dapat mengaturnya melalui tombol "lyrics Forward" atau "lyrics Backward". Jika Anda masih merasa ada beberapa bagian dari lirik lagu yang salah dan ingin memperbaikinya, Anda dapat mengeditnya sendiri. Caranya, saat berada di window Mini Lyrics, tekan Ctrl+E, atau dapat pula dengan cara klik kanan, pilih lyrics editor.

Selanjutnya, saya ucapkan selamat berkaraoke sambil menyelesaikan pekerjaan Anda.

*  *  *  *  *  *  *  *  *
Download Mini Lyrics versi 7.0.604 - 1,6 mb

Download Mini Lyrics versi 7.0.643 - 1,6 mb

Atau download dari website resminya | klik di sini.
*  *  *  *  *  *  *  *  *
Untuk menjalankan aplikasi ini, ekstrak file menggunakan Winrar  (download Winrar)

Spesifikasi Mini Lyrics:
Lisensi - freeware (gratis)
OS - Windows
Hardisk - 5 mb free space
RAM - 7 mb free space

Lihat juga:
TTPod 2.7 - Penampil lirik di handphone Android | lihat review
TTPod 1.1 - Penampil lirik di handphone Java | lihat review

Aplikasi ini adalah pemberian dari Yudist A. Pleasandi | lihat akun facebook
Description: Mini Lyrics - Penampil Lirik Lagu pada Desktop Komputer Rating: 4.5 Reviewer: Faril ItemReviewed: Mini Lyrics - Penampil Lirik Lagu pada Desktop Komputer


.:: Artikel menarik lainnya ::.

12 komentar :

Tulis Komentar Anda di Sini...