Minggu, 19 September 2010

MartView – Membaca e-book Seperti Membuka Buku Nyata


MartView adalah sebuah aplikasi pembuka file .mart dan .pdf dengan tampilan seperti saat Anda sedang membuka sebuah buku nyata. Aplikasi ini menayangkan kedua file tersebut dengan tampilan yang mengesankan dan tergolong sangat menarik, lebih menarik dari aplikasi sejenis. Bagaimana tampilan aplikasi MartView saat membuka file dapat Anda lihat pada tayangan video di bawah, serta link untuk mengunduhnya juga tersedia di akhir artikel ini. 
kecepatan video setengah kali kecepatan normal

Martview merupakan aplikasi freeware yang dapat diinstal ke dalam komputer tanpa dipungut biaya apapun. Namun, saat diinstal, komputer harus terhubung ke internet karena akan mengunduh beberapa file (sekitar 16 mb) untuk mendukung kinerja MartView. File tersebut diantaranya adalah Java. 
Setelah selesai diinstal, aplikasi MartView secara otomatis akan terbuka. Pada halaman awal, Anda akan disuguhi tutorial yang menjelaskan penggunaan fitur-fitur dan tombol-tombol yang ada di MartView. Penjelasan ini terbilang sederhana sehingga akan mudah untuk memahaminya. Jika Anda lupa pada penjelasan tutorial, Anda dapat membukanya kembali sewaktu-waktu melalui fitur “open file”. 
Berbagai menu Martview secara otomatis tersembunyi. Jika Anda ingin membuka menu, arahkan mouse ke atas, maka menu MartView akan segera muncul. Jika sudah tidak digunakan, menu tersebut akan tersembunyi kembali sehingga pandangan akan lebih luas. 
Selain menyuguhkan tampilan menarik saat membuka file .mart dan .pdf, Anda pun dapat mencari e-book di internet karena MartView menyediakan fitur “download e-book”. 

Ketika menekan menu “download e-book”, Anda akan dihantarkan ke website resmi MartView yang menyediakan berbagai pilihan e-book berdasarkan kategori. E-book yang tersedia selalu diperbaharui oleh pihak pengembang dan pengguna. Jadi Anda tidak perlu khawatir karena koleksi e-book yang tersedia pasti akan selalu up-to-date. 

Jika e-book yang Anda cari tidak tersedia di koleksi MartView, Anda dapat membuat e-book sendiri dari beberapa file yang didukung aplikasi ini. Beberapa file yang dapat dijadikan e-book (membuat file .mart) adalah file pdf, gambar dengan format jpg, png, gif, dan bmp, serta file zip/rar. Untuk membuat e-book, pilih menu “create e-book”. 

Jika Anda ingin berbagi e-book yang telah Anda buat kepada seluruh pengguna MartView, Anda dapat mengunggah e-book tersebut melalui menu “upload e-book”. Setelah membuka menu tersebut, Anda akan disuguhi sebuah formulir untuk memilih dan memberi keterangan e-book yang ingin Anda unggah. 


Beberapa shortcut yang umum digunakan di MartView adalah sebagai berikut, 
Thumbnail : T 
Search : P 
Download e-book : B 
Check download : D 
Create e-book : C 
Upload dan Publish e-book : U 
Options : O 

Shortcut untuk Normal Mode 
Zoom in dan zoom out : klik kanan + klik kiri bersamaan 
Mengatur level zoom : Ctrl + mouse scroll / tahan klik kanan + mouse scroll 

Shortcut untuk Touch Mode (touch screen)
Zoom in dan zoom out : klik dan tahan selama 1 detik 
Mengatur level zoom : gambar melingkar pada layar 

*  *  *  *  *  *  *  *  *
Download aplikasi MartView - 22 mb

*  *  *  *  *  *  *  *  *
Untuk menjalankan aplikasi ini, ekstrak file menggunakan aplikasi Winrar yang dapat didownload di sini  

Spesifikasi MartView:
Lisensi - freeware
Hardisk - 25,9 mb free space + space untuk lokasi e-book
RAM - 254 mb RAM (untuk monitor biasa)
            500 mb RAM (untuk monitor wide-screen)



Untuk contoh e-book,klik link di bawah ini.
Download e-book The Hobbit bahasa Inggris (pdf) - 300 kb
Download e-book The Lord of the Rings - The Fellowship of the Ring bahasa Indonesia (pdf) - 2 mb

Aplikasi ini adalah pemberian dari Yudist A. Pleasandi

Aplikasi terkait:
Hypercam
Description: MartView – Membaca e-book Seperti Membuka Buku Nyata Rating: 4.5 Reviewer: Faril ItemReviewed: MartView – Membaca e-book Seperti Membuka Buku Nyata


.:: Artikel menarik lainnya ::.

13 komentar :

Tulis Komentar Anda di Sini...