Selasa, 10 Mei 2011

Opera 11.10

 

Opera adalah salah satu browser yang sering digunakan pengguna internet. Banyak fitur menarik yang tersemat di dalamnya dan berbagai kemudahan dalam pengoperasiannya. Salah satu fitur yang sangat berguna adalah kemampuan browser Opera untuk mendownload file torrent tanpa perlu aplikasi khusus seperti BitTorrent, FDM, ataupun IDM.
Dalam Opera versi 11.10, banyak tambahan fitur yang semakin memudahkan pengoperasiannya dan juga adanya tambahan extensions. Fungsi extensions di Opera ini seperti fitur add-ons di Firefox.


Fitur Browser Opera versi 11.10:
OPERA TURBO
Seperti pada Opera versi sebelumnya, Opera 11.10 dilengkapi dengan fitur Opera Turbo yang dapat mempercepat loading-page ketika membuka halaman website. Fitur ini dapat diaktifkan dengan menekan shortcut yang ada di bagian bawah. Opera Turbo dapat diaktifkan hingga 4 kali kecepatan biasa.
Fitur ini menerapkan teknik kompresi data sehingga website akan lebih cepat terbuka. Fitur ini akan semakin banyak bermanfaat ketika kita menggunakan koneksi internet yang lambat atau menggunakan koneksi internet yang menggunakan pembayaran berdasarkan volume based. Dengan adanya kompresi data, maka biaya pembayaran akan semakin murah karena kita membuka jumlah data yang lebih sedikit dari biasanya.

TAB PREVIEW
Tab preview ini akan menampilkan tampilan website yang sedang dibuka di tab lain. Dengan adanya fitur ini, kita dapat melihat langsung preview-nya, tidak hanya judul halaman yang ditampilkan.

TAB STACKING / TAB GROUP
Dengan fitur baru ini, kita dapat mengelompokkan banyak tab menjadi sebuah tab group. Fitur ini sangat membantu jika kita membuka banyak website dalam waktu yang bersamaan. Contohnya, kita masukkan webstie social network ke dalam satu tab group, website informasi ke dalam tab group sendiri, dan website berita ke dalam tab group sendiri. kita Jika tanpa adanya fitur ini, kita akan repot menggeser cursor ke kanan dan ke kiri karena banyaknya jumlah tab yang sedang dibuka.
Untuk membuat sebuah tab group, caranya sangat mudah. Setelah membuka banyak website menggunakan tab, drag salah satu tab ke atas tab yang lain sehingga kedua tab saling bertumpukan. Ketika warna tab yang berada di belakangnya menjadi lebih gelap, lepaskan mouse sehingga kedua tab menjadi satu tab group.
Untuk membuka tab, arahkan cursor ke arah tab group, maka akan muncul preview halaman yang dibuka di dalam tab tersebut. Kita tinggal meng-klik pada salah satu tampilan tab tersebut untuk membukanya.

MOUSE GESTURE
Fitur ini akan memudahkan kita dalam membuat perintah hanya dengan menggunakan gerakan mouse. Untuk menggunakannya, kita tinggal melakukan klik kanan dan tahan, maka akan keluar tampilan lingkaran berwarna gelap. Untuk melakukan perintah "NEXT"
Fungsi ini adalah untuk memudahkan tmn2 dalam mengendalikan browser secara cepat menggunakan gerakan mouse. Caranya sangat mudah sekali. Cukup tahan dan tekan tombol kanan mouse anda di browser untuk mengetahui semua perintah mouse gesture yang bisa tmn2 manfaatkan.
Misalkan saja untuk memberikan perintah back pada browser, cukup klik tahan tombol kanan mouse kemudian gerakkan mouse ke kiri. Untuk memberi perintah next, lakukan hal yang sama tetapi gerakkan mouse ke kanan. Jika tmn2 sudah terbiasa memanfaatkan mouse gesture ini, tmn2 akan merasa sangat nyaman dan bisa menggunakannya dengan cepat.

EXTENSIONS
Jika Mozilla Firefox memiliki "add-ons", maka Opera 11.10 memiliki "extensions". Ada banyak extensions yang menarik dan bermanfaat bagi browser Opera. Untuk mendownloadnya secara gratis, klik website resmi extension Opera:

SPEED DIAL
Opera 11.10 tetap dilengkapi dengan speed dial untuk mempercepat kita mengunjungi halaman yang telah kita masukkan ke dalam bookmark. Jumlah kolom speed dial dapat kita atur sesuai selera kita. Jika tidak ingin mengatur jumlahnya, biarkan penambahan kolom speed dial secara otomatis sehingga kita dapat menambahkan banyak sekali halaman website ke dalam kolom speed dial.
Background halaman speed dial juga dapat kita atur sesuai keinginan, yakni menggunakan gambar background favorit kita. Untuk pengaturan halaman speed dial, klik tombol KONFIGURASI yang berada di pojok kanan-atas halaman ini. 

OPERA LINK
Seperti versi sebelumnya, Opera 11.10 tetap menggunakan fitur Opera Link untuk menghubungkan (mensinkronisasikan) data personalisasi opera seperti speed dial, bookmark, notes, dan data lainnya antara browser Opera di komputer dengan browser Opera di device / gadget kita (Opera Mobile, Opera Mini, dll).

PASSWORD MANAGER
Seperti pada browser lain, Opera juga memiliki fitur password manager yang akan menyimpan informasi usernam dan password ketika masuk ke akun dalam halaman website. Dengan menyimpan informasi tersebut, ketika kita masuk lagi ke website tersebut, secara otomatis kita akan masuk ke akun kita.

OPERA UNITE
Opera Unite adalah fitur dari Opera yang memungkinkan kita untuk berbagi content seperti foto, video, musik, file dan folder tanpa harus mengupload terlebih dahulu ke online storage (seperti mediafire, 4shared, ziddu). Berbagai macam aplikasi Opera Unite ini bisa didownload secara gratis melalui website resminya:

SKINS
Dengan adanya fitur skins, tampilan browser Opera akan semakin menarik sesuai keinginan kita. Banyak pilihan skins yang dapat kita download secara gratis di halaman resminya:


*  *  *  *  *  *  *  *  *
Download installer browser Opera versi 11.10
Description: Opera 11.10 Rating: 4.5 Reviewer: Faril ItemReviewed: Opera 11.10


.:: Artikel menarik lainnya ::.

0 komentar :

Tulis Komentar Anda di Sini...