Senin, 02 Mei 2011

Browser Chrome, Firefox 4.0.1, Internet Explorer 9, dan Opera 11.10


Kita semua pasti mengenal browser Google Chrome, Mozilla Firefox, Internet Explorer, dan Opera. Bahkan kita sering menggunakan salah satu atau keempatnya sekaligus dalam berselancar di dunia maya. Keempat browser tersebut memang menjadi favorit pengguna internet saat ini. Selain karena tampilan yang mudah dan familiar, fitur-fitur yang tersemat di dalamnya menjadi hal yang menarik pengguna untuk menggunakan browser tersebut.
Untuk memperbaiki kinerja dan penambahan fitur, para pengembang selalu membuat update browser versi terbaru mereka. Banyak hal yang diperbaiki dengan hadirnya versi baru, seperti memperbaiki kecepatan loading-page, penambahan plug-in (add-ons) yang bermanfaat, tampilan baru yang menarik, dan fitur-fitur bermanfaat lainnya. Berikut ini akan saya review kelebihan dan kekurangan browser terbaru mereka (tahun 2011).

Dengan tampilannya yang simple, banyak pengguna internet yang langsung tertarik untuk mencoba browser Chrome ketika rilis pertama kali. Bahkan beberapa pengguna browser lain langsung beralih menggunakan browser ini karena kemudahan penggunaan dan support penuh dari pihak Google dalam update berikutnya.
Kelebihan Google Chrome
-Merupakan browser dengan sistem keamanan terbaik (sumber: http://fariable.blogspot.com/2010/07/browser-google-chrome.html).
-Setiap tab aplikasi Chrome terbaca dalam process Task Manager sebagai aplikasi yang saling terpisah sehingga saat salah satu tab berhenti bekerja (not responding), maka tab lain tidak terpengaruh. Tab yang mengalami not responding dapat ditutup secara paksa (melalui fitur end process di Task Manager), tetapi tab yang lain tidak ikut tertutup.
-Menggunakan RAM space yang kecil (1 tab berkisar antara 9 - 30 mb, sedangkan aplikasi Chrome utama sebesar 80 mb )
-Jika ditutup secara paksa, maka saat membuka aplikasi ini lagi akan mucul pertanyaan untuk membuka kembali website yang telah dibuka sebelumnya atau tidak.
-Memiliki beberapa aplikasi yang dapat diunduh dari Google Market, semisal aplikasi TweetDeck, e-buddy, Poppit, Entanglement, dan lain-lain
-Memiliki banyak tema yang dapat diunduh di sini (ukuran file sekitar 150 - 800 kb)
Tampilan Google Chrome dengan tema Dian Sastrowardoyo
Kekurangan Google Chrome:
-Beberapa plug-in yang tersemat di dalam Google Chrome sering mengalami crash (berhenti bekerja), seperti plug-in Adobe Shockwave dan Java (saat digunakan untuk mendowload file dari Keepvid).
-Untuk menginstal browser ini, maka diperlukan koneksi internet untuk mendownload komponen yang diperlukan. Untuk hal ini telah ada penyelesaian dengan adanya installer off-line standing.
-Jika membuka banyak tab sekaligus, maka ikon tab akan menjadi kecil sehingga menyulitkan pembacaan judul website yang terbuka di tab tersebut.

Untuk mendapatkan aplikasi Google Chrome, download di (mediafire) atau di (4shared)
Anda juga dapat mendownload versi terbaru aplikasi ini dengan mengunjungi Website resemi Google Chrome
*  *  *  *  *  *  *  *  *

FIREFOX 4.01

Aplikasi ini merupakan browser favorit dari banyak pengguna internet karena beberapa fitur yang tersemat di dalamnya, termasuk add-ons yang dapat menutup iklan pop-up.
Kelebihan Firefox:
-Mudah digunakan karena terbiasa dengan browser ini (browser ini terinstal di kebanyakan komputer di warnet maupun komputer pribadi).
-Saat selesai proses penginstalan, akan secara otomatis mendata aplikasi di komputer yang terhubung ke firefox.
-Sangat stabil meski menggunakan komputer dengan koneksi internet yang lambat.
-Memiliki add-ons (fitur) yang dapat memblokir iklan pop-up sehingga tidak mengganggu lagi. Download andd-ons di sini. Atau lihat review beberapa add-ons yang bermanfaat di sini.
-Fitur download-nya memiliki fitur "pause" sehingga dapat dilanjutkan di lain waktu.
-Saat melakukan scrolling akan terasa lebih smooth (lembut/tenang/halus)

Kekurangan Firefox:
-Di dalam Task Manager terbaca sebagai satu aplikasi yang berjalan sehingga saat salah satu tab berhenti bekerja (not responding) dan ingin menutup tab tersebut, maka akan semua tab akan ikut tertutup.
-Halaman download terpisah dari halaman utama.
-Jika membuka lebih dari 8 tab, tidak semua ikon tab akan terlihat dalam tampilan.Ikon tab lain baru terlihat jika di-scroll ke kanan atau ke kiri pada menu tab.
-Merupakan browser yang dapat dihack pada urutan kedua setelah browser Safari oleh para hacker dan cracker saat dilakukan kontes PWN (sumber: http://www.downloadsquad.com/2010/03/25/pwn2own-2010-google-chrome-is-the-last-man-standing/)

Untuk mendownload aplikasi Firefox 4.01 (english-US), klik di sini.
Atau kunjungi Website resmi Mozilla
*  *  *  *  *  *  *  *  * 

INTERNET EXPLORER
Aplikasi ini adalah browser bawaan dari OS Windows yang selalu mengalami perkembangan sesuai dengan seri Windows yang digunakan. Semisal Windows XP akan memiliki versi Internet Explorer yang berbeda dengan Windows Vista maupun Windows 7. Namun, pengguna Windows versi lama tetap dapat mendownload dan menggunakan versi terbaru dari Internet Explorer.
Kelebihan Internet Explorer:
- Otomatis terinstal saat menginstal semua Sistem Operasi Windows.
- Update terbaru akan muncul pada notifikasi Windows Update.
- Mampu bertahan dari serangan hacker (sumber: http://www.thechromesource.com/charlie-miller-most-secure-browser-is-chrome-ie8/).
- Memiliki tampilan dan animasi yang dinamis.

Kekurangan Internet Explorer:
- Saat membuka banyak tab, maka yang tampil adalah banyak window.
- Menggunakan banyak RAM komputer (sekitar 40 mb).
- Terasa berat saat digunakan.
- Koneksi browser ini menjadi lama karena menampilkan banyak animasi. 


Untuk mendownload aplikasi browser Internet Explorer, aktifkan sistem Windows Update pada komputer Anda atau kunjungi Website resmi Internet Explorer
*  *  *  *  *  *  *  *  *

OPERA 11.10
Jika sering menggunakan handphone, maka tak asing dengan browser Opera Mini yang terkenal mudah digunakan. Begitu juga dengan browser Opera versi komputer, aplikasi ini terbilang mudah dioperasikan dengan tampilan animasi yang bagus.
Kelebihan Opera 11.10
- Akan menyimpan cache dari website yang pernah kita buka sehingga saat membuka website tersebut di lain waktu akan memakan waktu lebih singkat.
-Dapat digunakan untuk mendownload file torrent secara langsung tanpa aplikasi tambahan seperti BitTorrent atau FDM.
-Tampilan animasi "tab preview" seperti yang dimiliki di Windows 7
-Meski membuka tab dalam jumlah banyak, hanya menggunakan kapasitas RAM sebesar sekitar 110 mb.
-Memiliki fitur "turbo" yang mampu mempercepat koneksi hingga 3 kali lipat dari kecepatan biasa.
Tampilan "tab preview" yang menarik
Kekurangan Opera 11.10
-Kecepatan koneksi cukup lama jika digunakan pada komputer dengan koneksi internet lambat.
-Dengan adanya penyimpanan cache setelah membuka website, maka akan terdapat banyak sampah cache di sistem registry komputer.

Untuk mendownload aplikasi browser Opera dan mengetahui fitur-fiturnya, klik di sini atau kunjungi Website resmi Opera
Atau dapat mengunduh Opera Portable versi 10 di sini Description: Browser Chrome, Firefox 4.0.1, Internet Explorer 9, dan Opera 11.10 Rating: 4.5 Reviewer: Faril ItemReviewed: Browser Chrome, Firefox 4.0.1, Internet Explorer 9, dan Opera 11.10


.:: Artikel menarik lainnya ::.

0 komentar :

Tulis Komentar Anda di Sini...